[SALAH] Foto 6 Pria Peserta Kontes Kecantikan Tahun 1919

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, klaim itu tidak berdasar pada fakta. Foto yang sama ditemukan pada situs jual beli kartu pos lama berbahasa Jerman dengan keterangan bahwa foto tersebut diambil di Eropa Tengah sekitar tahun 1910, tanpa disebutkan keenam pria dalam foto itu sedang mengikuti kontes kecantikan.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Facebook
https://archive.md/RbNyw

====

Narasi:

“Men’s beauty contest 1919.”

====

Penjelasan:

Akun Facebook John AZ mengunggah foto retro yang menampilkan 6 pria berdiri memakai celana renang dengan disertai narasi bahwa foto tersebut diambil pada kontes kecantikan laki-laki tahun 1919. Foto yang diunggah pada grup “Fact you didn’t know about” mendapatkan atensi sebanyak 1,6 ribu reaksi, 569 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 1,1 ribu kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut ditemukan pada beberapa situs. Dalam artikel berbahasa Romania yang terbit tahun 2007 di metropotam.ro berjudul “From the swimsuit to Eva’s”, dicantumkan foto yang sama sebagai ilustrasi perkembangan baju renang. Angus Tumble, Direktur Galeri Potret Nasional Australia, dalam blog pribadinya bernama “The Tumbrel Diaries” menulis pengalamannya saat mendapat kartu pos bergambar 6 laki-laki memakai celana renang dari temannya dengan narasi “Schöner durch Streifen. Mitteleuropa um 1910” yang diterjemahkan memiliki arti “Lebih indah melalui garis-garis. Eropa Tengah sekitar tahun 1910”. Setelah ditelusuri lebih lanjut, foto yang sama ditemukan pada situs jual beli kartu pos lama berbahasa Jerman dengan narasi yang sama seperti yang telah disebutkan oleh Angus Tumble.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Facebook John AZ dapat dikategorikan sebagai konten yang salah.

====

Referensi:


http://metropotam.ro/La-zi/De-la-costumul-de-baie-la-cel-al-Evei-art2413726644/

http://angustrumble.blogspot.com/2012/05/schoner-durch-streifen.html

https://www.winkler-postkarten.de/detail.php?bild=75

Editor: Bentang Febrylian