[SALAH] “Spesies hasil kawin babi dan lembu”

BUKAN hewan hasil kawin silang antara lembu (sapi) dengan babi. Foto hewan yang disertakan dalam narasi yang beredar merupakan foto kerbau kerdil dari Thailand.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Vin Ecantik (fb.com/vin.hussin) pada 15 Maret 2021 mengunggah beberapa foto dengan narasi sebagai berikut:

“SPESIS KACUKAN VABI + LEMBU Mula mula tengok ya allah cutenya Kalau buat Korban ! Rupanya kacukan babi + lembu Dah mula masuk ke malaysia dari Thailand Utk buka bulan puasa katanya ! HATI hati Gais Bila tengok gelembung Kulit spesis kacukan VABI + LEMBU Masyaalah macam macam Dunia Zaman sekarang”

Sumber : https://archive.ph/IPV0x (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Kompas, klaim adanya foto hewan hasil kawin silang lembu dan babi adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan hewan hasil kawin silang antara lembu (sapi) dengan babi. Foto hewan yang disertakan dalam narasi yang beredar merupakan foto kerbau kerdil dari Thailand.

Dilansir dari Kompas.com yang mengutip AFP Fact Check, Kamis (26/3/2021), berdasarkan penelusuran dari gambar yang disertakan pada narasi tersebut, diketahui bahwa foto yang beredar pernah diunggah di salah satu kanal televisi Thailand, Matichon TV, pada 11 Oktober 2018. Unggahan tersebut diberi judul “Lihatlah kelucuan ‘Nong Kham Phaeng’, kerbau kerdil yang membawa keberuntungan”.

Kerbau kerdil bernama Nong Kham Paeng itu dimiliki oleh seorang warga provinsi Sakon Nakhon, Thailand, bernama Jiradech Phanlee. Kerbau itu menjadi viral setelah para tetangga Jiradech memotret binatang itu, dan mengunggahnya ke berbagai platform media sosial. Foto kerbau kerdil itu juga pernah diunggah oleh Jiradech ke Facebook pada 4 November 2018.

Sementara itu, diberitakan Harian Metro, 14 Maret 2021, profesor kedokteran hewan, Universitas Putra Malaysia (UPM), Mohd Hair Bejo, mengatakan, babi dan sapi tidak mungkin dikawinkan, apalagi menghasilkan keturunan. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa babi dikelompokkan dalam famili Suidae sedangkan sapi masuk dalam famili Bovidae, dan keduanya tidak dapat menghasilkan spesies hewan baru.

REFERENSI
https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/27/211500365/-hoaks-hewan-ternak-hasil-kawin-silang-babi-dengan-sapi
https://factcheck.afp.com/picture-shows-dwarf-buffalo-thailand
https://www.youtube.com/watch?v=vehs23HF3AQ
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=263857380985758&set=a.117217385649759&type=3
https://upm.edu.my/akhbar/lembu_babi_mustahil_dikahwinkan-14989

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo