[SALAH] Video “Berita Terkini!!! – Dibayar Kontan | Petugas Yang Menganiaya Dan Menyeret HRS Langsung Sakit Parah”

BUKAN petugas yang mengawal HRS di persidangan pada tanggal 19 Maret 2021. Pria di berbaju hijau di video itu aslinya seorang petugas Pemilu 2019 yang dirawat di rumah sakit lantaran kelelahan. Selain itu, klaim bahwa petugas yang mengawal HRS di persidangan menyeret dan menganiaya HRS tidak terbukti.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Koneksi yang Salah
===========================================

Beredar video yang diunggah kanal Youtube TITIK TUMPU pada 20 Maret 2021 dengan judul “BERITA TERKINI!!! – DIBAYAR KONTAN | PETUGAS YANG MENGANIAYA DAN MENYERET HRS LANGSUNG SAKIT PARAH”.

Bagian awal video itu menunjukkan Rizieq dibawa oleh seorang pria ke sebuah ruang pengadilan, lalu video menunjukkan foto kecil seorang pria yang dihubungkan dengan panah merah ke pria yang membawa Rizieq ke ruang sidang; bagian berikutnya menunjukkan pria di foto kecil itu sedang berbicara pada kamera saat sedang berbaring di kasur rumah sakit. Di detik ke-30, narator video berkata, “Aparat yang menyeret Habib Rizieq ke ruang sidang dengan memelintir tangannya hingga lebam, seketika langsung jatuh sakit setelah beliau keluar dari ruangan sidang.” Di menit 2:42, video itu menunjukkan foto Rizieq mengangkat tangan kanannya, dengan memar di pergelangan tangan ditunjukkan dalam lingkaran merah.

Sumber : https://perma.cc/9DS4-T3TF (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video petugas yang mengawal HRS di persidangan pada tanggal 19 Maret 2021 langsung sakit parah merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan petugas yang mengawal HRS di persidangan pada tanggal 19 Maret 2021. Pria di berbaju hijau di video itu aslinya seorang petugas Pemilu 2019 yang dirawat di rumah sakit lantaran kelelahan. Selain itu, klaim bahwa petugas yang mengawal HRS di persidangan menyeret dan menganiaya HRS tidak terbukti.

Dilansir dari AFP, pencarian gambar terbalik di Google dengan bantuan beberapa potongan video dari InVID-WeVerify menemukan bahwa video lelaki yang terbaring di rumah sakit itu diambil dari video berita iNews tanggal 26 April 2019 ini, dengan judul “KPU Catat 225 Anggota KPPS Meninggal dan 1.470 Dirawat Akibat Kelelahan Pemilu”. Bagian yang menunjukkan pria berbaring di ranjang RS itu dapat dilihat di menit 1:44 dari video iNews.

Video itu mewartakan bahwa pria tersebut bernama Soegeng Afriadi. Soegeng adalah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Medan, Sumatera Utara, yang dirawat di rumah sakit karena kelelahan bekerja saat Pemilu 2019.

Sementara itu, foto tangan HRS yang terkilir dan lebam, sebelum foto ini sudah pernah diperiksa faktanya di artikel berjudul [SALAH] Foto “HRS Jelas Didzolimi, Tangan Dipelintir Oleh Petugas Hingga Lebam” yang tayang di situs turnbackhoax.id pada 24 Maret 2021.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan dengan menambahkan warna merah pada tangan HRS. Foto asli memperlihatkan suasana HRS saat tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu 12 Desember 2020. Pada foto itu tidak terlihat pergelangan HRS mengalami lebam atau memar.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/video-itu-menunjukkan-petugas-pemilu-2019-yang-dirawat-di-rs-karena-kelelahan
https://turnbackhoax.id/2021/03/24/salah-foto-hrs-jelas-didzolimi-tangan-dipelintir-oleh-petugas-hingga-lebam/
https://www.youtube.com/watch?v=a7NDUeNfjO4
https://megapolitan.okezone.com/read/2020/12/12/338/2326344/habib-rizieq-acungkan-jempol-tampak-semangat-diperiksa-polda-metro

About Adi Syafitrah 1236 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo