[SALAH] Akun Telegram Bareksa “BAREKSA_INVESTASILIKUID”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Pihak Bareksa melalui akun Twitter resminya, bareksacom, telah menegaskan bahwa akun tersebut adalah palsu. Bareksa hanya memiliki satu akun Telegram resmi, yaitu dengan nama pengguna ‘Bareksa Community’.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Telegram
https://archive.ph/Rokzg
https://archive.ph/jpH4m

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar beberapa akun Telegram Bareksa dengan nama pengguna ‘BAREKSA_INVESTASI LIKUID’ ( https://t.me/bareksa_likuid ) dan ‘BAREKSA_INVESTASI REKSADANA’ ( https://t.me/BIBIT_investasireksadana ). Akun tersebut mengajak untuk bergabung dan melakukan investasi reksadana.

Pihak Bareksa melalui akun Twitter resminya, bareksacom, telah menegaskan bahwa akun tersebut adalah palsu. Bareksa hanya memiliki satu akun Telegram resmi, yaitu dengan nama pengguna ‘Bareksa Community’. Lebih lanjut, untuk bergabung dengan grup Telegram Bareksa, pengguna harus melakukan pendaftaran melalui aplikasi Bareksa dan kemudian akan menerima undangan melalui email resmi Bareksa.

Dengan demikian, akun Telegram Bareksa dengan nama pengguna ‘BAREKSA_INVESTASI LIKUID’ dan ‘BAREKSA_INVESTASI REKSADANA’ tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/bareksacom/status/1374330890680078340

https://www.bareksa.com/berita/belajar-investasi/2021-03-24/waspada-telegram-palsu-pastikan-transaksi-hanya-di-web-dan-aplikasi-reksadana-bareksa

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian