[SALAH] Jokowi Berjalan Di Atas Tali Di Rio de Janeiro

Hasil Periksa Fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi palsu. Faktanya foto tersebut hasil suntingan di mana foto asli Jokowi ialah saat ia meninjau proyek Lumbung Pangan di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (23/2/2021).

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

===

KATEGORI: Satire/Parodi

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.ph/hsl9W

NARASI:

“Semoga tidak jatuh pak.😂”

PENJELASAN:

Akun Facebook “Agus Raharjo” mengunggah sebuah foto Presiden Jokowi tengah berjalan di atas seutas tali di Rio de Jenairo. Unggahan tersebut telah disukai sebanyak 82 oleh pengguna Facebook lain dan mendapat 21 komentar.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa foto tersebut adalah salah. Foto tersebut merupakan hasil suntingan dari 2 foto. Yang pertama foto Jokowi diambil saat Jokowi tengah meninjau proyek lumbung pangan di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (23/2/2021), dilansir dari kumparan.com.

Sedangkan latar belakang gambar ialah foto pemandangan di Kota Rio de Jenairo, Brazil, dilansir dari urbanfragment.wordpress.com diambil oleh fotografer Scott Rogers.

Berdasarkan penjelasan diatas, Jokowi sedang berjalan di atas tali di Rio de Jenairo masuk dalam kategori satire/parodi.

REFERENSI:
https://kumparan.com/kumparanbisnis/tinjau-lumbung-pangan-jokowi-jalan-seorang-diri-tembus-hujan-ke-tengah-sawah-1vEPRDYXZIH

https://urbanfragment.wordpress.com/tag/rio-de-janeiro/

http://www.scottyrog.com/p405079109

Penulis: Rahmah an nisaa
Editor: Bentang Febrylian