[SALAH] Foto Gubernur Korea Selatan Menggunakan Jaket saat Divaksin

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto tersebut bukan merupakan foto saat Gubernur Korea Selatan divaksin, melainkan saat ia mengikuti simulasi tata cara vaksinasi di Rumah Sakit Yangsan, Universitas Nasional Busan, Korea Selatan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/J7BgL

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Mereka bilang mereka telah mengembangkan jarum suntik jenis baru
Wah jarumnya dapat menembus seragam pertahanan sipil”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook dengan nama pengguna Kim Su-min mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar (3/3) yang menunjukkan berita Gubernur Provinsi Gyeongsang Selatan, Kim Kyeong-su, yang tengah divaksin. Unggahan tersebut juga disertai keterangan yang menyatakan bahwa pemerintah Korea Selatan telah mengembangkan jarum suntik jenis baru yang dapat menembus seragam pertahanan sipil yang digunakan oleh Gubernur Kim.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto saat Gubernur Kim divaksin, melainkan saat ia mengikuti simulasi tata cara vaksinasi di Rumah Sakit Yangsan, Universitas Nasional Busan, Korea Selatan. Foto tersebut pertama kali diunggah oleh situs resmi Pemerintah provinsi Gyeongsang Selatan pada tanggal 2 Maret 2021 lalu. Lebih lanjut, salah seorang pejabat pemerintahan Provinsi Gyeongsang Selatan, Shim Eun-jeong, menegaskan bahwa tidak ada dosis vaksin yang disuntikkan saat simulasi dilakukan.

Informasi dengan topik serupa juga telah dimuat dalam situs AFP dengan judul artikel “This Photo Shows South Korea’s Governor Taking Part in A Covid-19 Vaccination Simulation Exercise”.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama pengguna Kim Su-min tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.gyeongnam.go.kr/board/view.gyeong?boardId=BBS_0000450&menuCd=DOM_000002803002000000&orderBy=Uk1ETPaA5hNB$GYaJ0rQ9k1ofNsRM5c3&paging=ok&startPage=1&dataSid=41509123

https://factcheck.afp.com/photo-shows-south-korean-governor-taking-part-covid-19-vaccination-simulation-exercise

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian