[SALAH] Kasir Minimarket Salah Input Voucher Game dan Meminta Kode OTP

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Pesan Whatsapp seorang kasir dari Indomaret dan Alfamart yang meminta kode OTP karena salah input voucher game adalah MODUS PENIPUAN. Modus serupa juga pernah beredar beberapa waktu lalu dengan meminta mengirimkan pesan kode OTP yang dikirimkan melalui Whatsapp menggunakan Bahasa India. Penipuan kali ini dikirimkan menggunakan Bahasa Thailand.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

SUMBER: Hasil screenshot pesan Whatsapp

====

KATEGORI: Konten Tiruan

====

NARASI:

Model pesan 1 : “Selamat sore kak, Maaf ganggu, kaml darl kasir Alfamart, minta tolong sebentar, tadl ada pelanggan kami beli voucher game, kami salah Input nomor jadi sms nya terikirim ke nomor kakak Sms dari whatsap yg ada tulisan thailand nya kk, karna ada kode 6 angka kak untuk kode voucher game fishinggo kk Bisa dikirim SMS ny kak”

Model pesan2: “Selamat kak, Maaf ganggu, Kami dari kasir Indomaret, Bisa minta tolong sebentar, Tadi ada pelanggan kami beli voucher game, Tapi Kami salah input nomor nya kak, jadi sms nya terkirim ke nomor kakaSms dari whatsapp yang ada tulisan Thailand nya, Karna ada kode 6 angka untuk kode voucher game fishinggo kakBisa di bantu kaka kirim/Screenshot SMS nya kak, Karena pelanggan kami masih menunggu untuk kode voucher game nya kak”

====

PENJELASAN:

Beredar pesan Whatsapp yang mengaku sebagai kasir Indomaret dan juga Alfamart yang meminta untuk dikirimkan kode OTP karena salah input voucher game. Adapun kode OTP yang dikirimkan ke Whatsapp diketahui menggunakan Bahasa Thailand.

Setelah dilakukan penelusuran, pesan Whatsapp yang meminta untuk mengirimkan kode OTP adalah PENIPUAN. Modus ini dilakukan untuk membajak akun Whatsapp si penerima pesan. Jika kode OTP diberitahukan atau dikirimkan, maka korban tidak bisa membuka akun Whatsapp-nya, karena akun telah diambil alih oleh penipu.

Modus serupa sebenarnya sudah beberapa kali terjadi, artikel mengenai modus penipuan ini pernah diunggah di turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Whatsapp Kasir Indomaret Salah Input Voucher Games”, dengan bujuk yang sama, penipu tersebut mengaku salah mengirimkan voucher games dan meminta korbannya untuk mengirimkan kode OTP yang berbahasa Thailand. Selain itu ada juga yang mengirimkan kode OTP dengan berbahasa India.

Dittipidsiber Bareskrim Polri melalui akun resmi Twitter @CCICPolri mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap maraknya modus penipuan tersebut. Adapun caranya yakni dengan tidak mengirimkan kode OTP kepada akun Whatsapp yang tidak dikenal.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa pesan Whatsapp yang mengaku sebagai kasir Indomaret/Alfamart yang meminta untuk dikirimkan kode OTP adalah MODU PENIPUAN, dan termasuk kategori hoax Konten Tiruan.

====

REFERENSI:

https://twitter.com/CCICPolri/status/1368864285808414722


https://www.cnnindonesia.com/…/waspada-modus-penipuan…


https://turnbackhoax.id/…/salah-whatsapp-kasir…/



====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian