[SALAH] Artikel CNN Indonesia Berjudul “Ketua RT Rawa Buaya: Satu Kekurangan Anies, Tak Punya Otak…”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto hasil suntingan. Judul asli dari artikel CNN Indonesia tersebut adalah “Ketua RT Rawa Buaya: Satu Kekurangan Anies, Tak Punya Buzzer”.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/due7U

= = = = =

NARASI:
“Ini baru bener2 RT
RT yg lain mana suaranya ???”

NARASI DALAM GAMBAR:
“Ketua RT Rawa Buaya: Satu Kekurangan Anies, Tak Punya Otak…”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook dengan nama pengguna Brandon Brandon dalam forum Dewan Buzzer NKRI mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar artikel CNN Indonesia yang berjudul “Ketua RT Rawa Buaya: Satu Kekurangan Anies, Tak Punya Otak…”.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan hasil suntingan pada bagian judul. Judul asli dari artikel CNN Indonesia tersebut adalah “Ketua RT Rawa Buaya: Satu Kekurangan Anies, Tak Punya Buzzer”. Artikel tersebut dimuat dalam situs cnnindonesia.com pada tanggal 22 Februari 2021 lalu.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama pengguna Brandon Brandon dalam forum Dewan Buzzer NKRI tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210222141710-20-609366/ketua-rt-rawa-buaya-satu-kekurangan-anies-tak-punya-buzzer

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4501054/cek-fakta-tidak-benar-judul-artikel-ketua-rt-rawa-buaya-sebut-kekurangan-anies-tak-punya-otak

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian