[SALAH] Foto Penampakan Benua Antartika dari Luar Angkasa

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto tersebut bukan merupakan penampakan Benua Antartika yang terlihat dari luar angkasa, melainkan potongan gambar dari hasil visualisasi digital kondisi es di Benua Antartika pada 21 September 2005.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/3wZjI

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Foto Benua Antartika yang terlihat dari luar angkasa oleh NASA”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Twitter konstructivizm mengunggah sebuah foto disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan penampakan Benua Antartika yang terlihat dari luar angkasa.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan penampakan Benua Antartika yang terlihat dari luar angkasa, melainkan potongan gambar dari hasil visualisasi digital kondisi es di Benua Antartika pada 21 September 2005. Hasil visualisasi digital tersebut dibuat oleh Cindy Starr, seorang ahli visualisasi data NASA, guna memperingati “International Polar Year” atau “Tahun Kutub Internasional” yang jatuh pada tahun 2007 yang lalu.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Twitter konstructivizm tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

= = = = =

REFERENSI:

https://svs.gsfc.nasa.gov/vis/a000000/a003400/a003402/index.html

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-is-this-antarctica-as-seen-from-space-not-really-1702651-2020-07-20

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian