[SALAH] Video Menara Masjid di Palestina Ditembaki Tentara Israel

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Video tersebut bukan merupakan video menara masjid di Palestina yang ditembaki oleh tentara Israel, melainkan menara masjid di Irak yang ditembaki oleh Korps Marinir Amerika Serikat pada bulan Maret 2008 yang lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Tentara Yahudi Israel menembaki menara Masjid yang sedang berkumandangkan Azan di Palestine. Tapi ALLAH SWT Tdk izinkan untuk roboh. Tetap kokoh berdiri . Allahu Akbar Subhanllah . Allahu Kuasa makhluk tidak kuasa”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar video melalui pesan WhatsApp yang menunjukkan sebuah menara masjid yang diberondong tembakan ketika sedang mengumandangkan adzan. Video tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa aksi penembakan tersebut dilakukan oleh tentara Israel terhadap menara masjid di Palestina.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video menara masjid di Palestina yang ditembaki oleh tentara Israel, melainkan menara masjid di Irak yang ditembaki oleh Korps Marinir Amerika Serikat pada bulan Maret 2008 yang lalu. Video yang sama telah diunggah oleh kanal YouTube Michael Moore pada 16 Maret 2008, dengan judul video “WINTER SOLDIER: U.S. Marines Fire on Mosques Unprovoked”.

Dengan demikian, narasi yang beredar melalui pesan WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://youtu.be/jO7xwnZA124

https://www.mynet.com/abd-askerinin-yeni-oyunu-minare-vurmaca-110100385724

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8N0j42Ek-cek-fakta-video-menara-masjid-di-palestina-ditembak-tentara-israel-ini-faktanya

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian