[SALAH] Foto “Jembatan San Benedicto Surigao, Filipina”

BUKAN Jembatan San Benedicto Surigao, FIlipina. Jembatan di foto bagian atas adalah jembatan di area Montigo Resorts Batam, Kepulauan Riau. Sementara itu, foto bagian bawah adalah foto Jembatan tol Akashi-Kaikyo yang merupakan jembatan gantung di atas selat Akashi, Jepang.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Alvin Austria (fb.com/alvin577austria) pada 15 September 2020 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar dari akun Pilipinas Kong Mahal yang berisi narasi sebagai berikut:

“Ang laking pagbabago mga PILIPINAS KONG MAHAL ang NOON AQUIONO ADMINISTRASYON at NGAUN DUTERTE ADMINISTRASYON kau na magsalita mga mahal kong mamayang pilipinas” (Terjemahan di bagian REFERENSI)

Pada gambar tersebut, juga terdapat dua foto jembatan dengan narasi pada foto bagian atas: “BEFORE: Noy Noy Aquino”, “San Benedicto Bridge, Surigao” dan narasi pada foto bagian bawah: “AFTER: TATAY DIGONG” , “New San Benedicto Bridge, Surigao”

Sumber : https://archive.vn/kFrkP (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto perbandingan jembatan San Benedicto Surigao, Filipina lama dengan yang baru adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan Jembatan San Benedicto Surigao, Filipina. Jembatan di foto bagian atas adalah jembatan di area Montigo Resorts Batam, Kepulauan Riau. Sementara itu, foto bagian bawah adalah foto Jembatan tol Akashi-Kaikyo yang merupakan jembatan gantung di atas selat Akashi, Jepang.

Foto jembatan di area Montigo Resorts Batam, Kepulauan Riau yang sama, diunggah di situs straitstimes.com pada 8 November 2019 pada artikel berjudul “Batam bridge collapse caused by overcrowding, not decay of foundations: Montigo Resorts Nongsa”.

Dilansir dari detikcom, Kabid Humas Polda Kepri Kombes S Erlangga menjelaskan peristiwa robohnya bagian tengah jembatan yang menjorok ke pantai itu terjadi pada pukul 16.06 WIB, Kamis (7/11/2019). Saat peristiwa itu terjadi, ada lebih dari 20 WN Singapura yang berada di jembatan untuk berfoto.

“Jembatan yang roboh disebabkan kemungkinan pondasi jembatan yang berupa kayu itu sudah lapuk jadi mengakibatkan robohnya jembatan,” kata Erlangga di RS Bhayangkara Batam.

Erlangga menyebut ada 13 orang terluka yang dibawa ke RS Bhayangkara. Lima orang lainnya yang mengalami luka ringan ditangani di lokasi. “Dari 13 orang, ada dua orang luka berat,” sambungnya.

Sementara itu, foto Jembatan tol Akashi-Kaikyo salah satunya dimuat di situs wikimedia.org pada 1 September 2010. Jembatan Akashi-Kaikyō (明石海峡大橋; Akashi Kaikyō Ō-hashi) adalah jembatan gantung (suspension bridge) di atas selat Akashi yang menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota Awaji di pulau Awaji, Jepang. Jembatan tol Akashi-Kaikyo terlihat indah di waktu malam dengan gemerlap lampu-lampu beraneka warna, sehingga jembatan ini juga dikenal dengan nama Pearl Bridge (jembatan mutiara). Jembatan ini panjangnya 1990 meter dan merupakan jembatan terpanjang di dunia.

REFERENSI
https://www.straitstimes.com/singapore/batam-bridge-collapse-caused-by-overcrowding-not-decay-of-foundations-montigo-resorts
https://news.detik.com/berita/d-4776269/jembatan-di-montigo-resorts-batam-roboh-lukai-belasan-wna-ini-penyebabnya
https://commons.m.wikimedia.org/wiki/File:Akashi_Big_Bridge.jpg
https://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Akashi-Kaikyō
TERJEMAHAN KLAIM : “Perubahan besar adalah SAYA FILIPINA SAYA MENCINTAI ADMINISTRASI SIANG AQUIONO dan MENGAPA ADMINISTRASI TUGAS Anda berbicara kepada orang-orang terkasih di Filipina” (https://bit.ly/2ZVU6W6 – Google Terjemahan)

About Adi Syafitrah 1185 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo