[SALAH] Video “Presiden Jokowi Disambut Histeris Warga Samosir 9 Februari 2021”

BUKAN pada Februari 2021. Kejadian di video itu terjadi pada Selasa 30 Juli 2019 saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Samosir.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Indonesiaku Jaya (fb.com/102418171259530) pada 9 Februari 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Presiden Jokowi Disambut Histeris Warga Samosir”

Sumber : https://archive.vn/A7K32 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut histeris warga Samosir pada 9 Februari 2021 adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan pada Februari 2021. Kejadian di video itu terjadi pada Selasa 30 Juli 2019 saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Samosir.

Video yang identik dengan kualitas lebih baik, salah satunya diunggah di kanal Youtube KEPLER MANIK, S.Sn, MM pada 1 Agustus 2019 dengan judul “Luar Biasa Merinding – Pak Jokowi Disambut Histeris Puluhan Ribu Warga Samosir – Danau Toba”

Selain itu, dilansir dari situs resmi Kabupaten Samosir, ribuan warga Samosir antusias menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo, mulai dari pelabuhan Ferry Ambarita sampai di Tanah Lapang Ambarita Desa Ambarita Kecamatan Simanindo, Selasa 30 Juli 2019. Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di Kabupaten Samosir dengan menggunakan Kapal Ferry KM Ihan Batak yang berlayar sekitar satu jam dari pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba Samosir.

Rombongan Presiden RI yang didampingi oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM beserta Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga disambut dengan tarian adat batak oleh para siswa SMA N 2 Pangururan yang tergabung dalam sanggar seni Atturnung, kemudian langsung bergegas menuju lapangan Ambarita untuk menyerahkan seribu sertipikat tanah kepada warga yang tinggal di tujuh kabupaten yang mengelilingi Danau Toba.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=M01XZ0W6oWc (https://archive.vn/3kNK6)
https://samosirkab.go.id/2019/08/02/warga-samosir-antusias-sambut-kedatangan-presiden-jokowi/

About Adi Syafitrah 1185 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo