[SALAH] Audrey Yu Jian Hui Pernah Bekerja di Nasa

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Melalui Bentang Pustaka, penerbit dua buku Audrey, orang tua Audrey mengklarifikasi bahwa Audrey tidak pernah bekerja di NASA dan ditawari bekerja di BPPT, tidak pernah bertemu Jokowi. Terkait kejeniusan Audrey dibenarkan oleh Bentang Pustaka. Dua buku Audrey yang diterbitkan oleh penerbit tersebut yaitu Yellow Mellow Drama (2014) dan Mencari Sila Kelima (2015).

=======================

Kategori: Konten yang Menyesatkan

=======================

Sumber: Facebook

https://archive.vn/azVVI

=======================

Narasi:

“Tanah air ku Indonesia …

※※※※※※※※※※※※※※※※※※

Audrey Yu Jian Hui, arek suroboyo gadis asli Indonesia keturunan Tionghoa, kecerdasan dan kepintarannya luar biasa. SD ditempuh 5 th, SMP ditempuh 1 th, SMA ditempuh 11 bln semuanya di Surabaya.

Di usia nya yang ke 13 dia ingin melanjutkan ke Universitas yang ada Indonesia, namun sayang tidak ada yang mau menerimanya. Akhirnya diputuskan kuliah di AS tepatnya di Virginia. Jenjang S1 dan S2 ditempuh hanya dalam waktu 3 th dan mengantongi 2 gelar sarjana yaitu Fisika dan Bahasa.

Dengan berbekal ijasah S2 nya dia mencoba masuk ke TNI, sayang tidak bisa diterima karena usianya belum mencapai 17 tahun. Karena gagal masuk TNI dia memutuskan ambil S-3 di Paris dalam 2 bidang yang sama yakni Fisika – Bahasa dan lulus diusia yang kurang dari 25 thn. Dia langsung diterima kerja di Badan Antariksa Amerika (NASA) dengan gaji 200 juta perbulannya.

Selain itu Dia juga aktif menulis buku tentang Indonesia dan menjadi best seller di seluruh Dunia. Bukunya yg terkenal adalah “Indonesia Tanah Airku”, “Aku Cinta Indonesiaku”.

Setelah ketemu dengan Jokowi pada saat KTT G-20 di Jepang kemarin, ditawari masuk ke BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), dengan antusias dia menerima tanpa memikirkan berapa gaji yang akan diterimanya. Dia hanya bilang ‘Indonesia Love You’ Aku datang untuk mengabdi kepadamu…

Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri, begitu makmur dan mewah hidup di negeri orang, negeri sendiri tetap yang paling baik.

Salam Indonesia Maju …

Salam secangkir kopi…”

=======================

Penjelasan:

Akun Facebook Opini Warung Kopi membagikan informasi seorang anak muda jenius dan berprestasi, Audrey Yu Jia Hui. Dalam informasi itu dijelaskan bahwa Audrey memiliki kecerdasan yang luar biasa, mampu menyelesaikan jenjang SMP selama 1 tahun, SMA ditempuh 11 bulan, dan saat usia 13 tahun dia mau masuk Universitas di Indonesia tidak ada yang mau menerima. Akhirnya dia memutuskan kuliah di AS tepatnya di Virginia. S1 dan S2 ditempuh hanya 3 tahun.

Dalam informasi itu juga disebutkan dengan ijasah S2-nya Audrey ingin masuk ke TNI, namun tidak diterima. Lulus di usia kurang dari 25 tahun, Audrey diterima kerja di Badan Antariksa Amerika (NASA). Setelah bertemu dengan Jokowi di KTT G-20 di Jepang, ia ditawari masuk ke BPPT. Selain itu, Audrey disebutkan aktif dalam menulis buku. Buku yang terkenal adalah Indonesia Tanah Airku dan Aku Cinta Indonesiaku.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut sudah beredar sebelumnya. Terdapat beberapa poin-poin yang tidak benar dan terkait hal tersebut, pihak Bentang Pusataka, penerbit dua buku Audrey, mengklarifikasi kabar itu langsung ke keluarga Audrey. Melalui akun Twitter Bentang Pustaka pada Senin, 8 Juli 2019, Bentang Pustaka menyatakan bahwa ada informasi hoaks soal Audrey.

Berikut bunyi klarifikasi dari keluarga Audrey seperti yang diunggah akun Bentang Pustaka:

Dengan hormat

Bersama ini, saya Budi Loekito (Orang Tua nya Audrey) bermaksud memberikan klarifikasi sebagai berikut:

1. Audrey tidak pernah ketemu dengan bpk. Presiden Jokowi

2. Audrey Tidak pernah bekerja di NASA

3. Audrey masih S1 dan sedang mengambil S2/S3 di Amerika

Semoga penjelasan diatas bisa menjernihkan berita yang beredar saat ini

“Meskipun partisipasi #Audrey di NASA dan tawaran pekerjaan di BPPT itu hoax, tetapi kejeniusannya merupakan sebuah kebenaran. #Audrey yang bernama lengkap Audrey Yu Jia Hui ini merupakan perempuan keturunan Tionghoa yang

dinobatkan sebagai satu dari 72 duta prestasi Indonesia dalam pagelaran Festival Prestasi Indonesia,” tulis akun Bentang Pustaka.

Sementara itu, Audrey merupakan seorang penulis buku, namun judulnya adalah Mellow Yellow Drama yang terbit pada tahun 2014 dan Mencari Sila Kelima yang aslinya berjudul Mencari Tong Bao yang terbit pada tahun 2015.

Dengan demikian, informasi tentang Audrey Yu Jian Hui seperti yang dibagikan oleh akun Facebook Opini Warung Kopi adalah tidak sepenuhnya benar dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=======================

Referensi:

https://nasional.kompas.com/read/2019/07/08/19260011/viral-soal-audrey-yu-jia-hui-ini-klarifikasi-lengkapnya

https://news.detik.com/berita/d-4615611/awas-hoax-kabar-viral-audrey-yu-jia-hui-bertemu-jokowi-tidak-benar

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1163677-termakan-hoax-audrey-yu-jokowi-dari-4-hal-ini-sudah-janggal

Penulis: Konaah

Editor: Bentang Febrylian