[SALAH] “Seseorang Hacker Menggemparkan Setelah Menyatakan Jika Dirinya Akan Meretas Website Milik Indonesia”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Gambar hasil editan. Ditemukan artikel Kompas.com dengan tanggal dan waktu unggahan yang sama , yakni pada artikel yang berjudul “Murfi Sembako Meninggal Dunia karena Sakit Jantung hingga Ucapan Duka Sahabat” diunggah pada 30 Januari 2021, pukul 07.08 WIB.

=======================

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

=======================

Sumber: Facebook

https://archive.vn/uo5hj

=======================

Narasi:

“Seorang hacker berinisial J kembali hebohkan publik karena pernyataannya bahwa dirinya akan meretas duit sebanyak 11 trilyun di bank SWISS Berikut Informasinya;”

=======================

Penjelasan:

Akun Facebook Aris Suhartanto mengunggah gambar hasil tangkapan layar artikel Kompas.com berjudul “Seseorang Hacker Menggemparkan Setelah Menyatakan Jika Dirinya Akan Meretas Website Milik Indonesia” diunggah pada Sabtu, 30 Januari 2021, pukul 07.08 WIB. Unggahan itu  juga disertai narasi bahwa seorang hacker beinisial J akan meretas duit sebanyak 11 triliyun di bank Swiss.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ditemukan artikel Kompas.com dengan judul seperti pada unggahan gambar tersebut. Namun ditemukan artikel Kompas.com dengan tanggal dan waktu unggahan yang sama, yakni pada artikel yang berjudul “Murfi Sembako Meninggal Dunia karena Sakit Jantung hingga Ucapan Duka Sahabat” diunggah pada 30 Januari 2021, pukul 07.08 WIB.

Pada indeks berita Kompas.com, artikel yang dimuat pada waktu itu terkait berita duka cita. Artikel itu satu-satunya yang dimuat pada 07.08 WIB.

Dengan demikian, hasil tangkapan layar artikel Kompas.com yang diunggah oleh akun Facebook Aris Suhartanto adalah tidak benar dan termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

=======================

Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4KZzoAwK-cek-fakta-seorang-hacker-sebut-akan-retas-ratusan-situs-milik-indonesia-ini-faktanya

https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/30/070800866/murfi-sembako-meninggal-dunia-karena-sakit-jantung-hingga-ucapan-duka

Penulis: Konaah

Editor: Bentang Febrylian