[SALAH] Video Jalan Amblas di Kawasan Songgoriti, Kota Batu, Malang

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi NH, telah menegaskan bahwa video tersebut bukan merupakan video jalan amblas yang terjadi di Kawasan Songgoriti, Kota Batu, Malang. Video tersebut merupakan video jalan amblas yang terjadi di ruas jalan penghubung Brebes-Tegal.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Hati2 kalau lewat lagi dari arah Pujon ke Batu lewat Klemuk. Jalan aspalnya amblas.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video melalui WhatsApp yang menunjukkan kondisi jalan yang amblas. Bersama dengan video tersebut juga disertakan pesan yang menyatakan bahwa jalan amblas tersebut merupakan sebuah jalan yang berlokasi di kawasan Songgoriti, Kota Batu, Malang.

Melansir dari Radar Malang, Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi NH, menegaskan bahwa video tersebut bukan merupakan video jalan amblas yang terjadi di Kawasan Songgoriti, Kota Batu, Malang. Alfi menyatakan bahwa Tim DPUPR Kota Batu telah berkeliling untuk memastikan kabar tersebut. Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut sebenarnya merupakan video jalan amblas yang terjadi di ruas jalan penghubung Brebes-Tegal. Video serupa telah diunggah oleh kanal YouTube ‘Ajakayakue Creator’ pada tanggal 13 Februari 2021, dengan judul video “Jalan amblas di Sirampog Brebes”.

Dengan demikian, narasi yang beredar melalui WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/327676/cek-fakta-aspal-amblas-muncul-lubang-besar-di-klemuk-songgoriti-kota-batu-wait

https://radarmalang.jawapos.com/malang-raya/kota-batu/14/02/2021/hoax-video-jalan-di-kawasan-songgoriti-kota-batu-ambles/

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5372954/viral-lubang-menganga-di-jalan-penghubung-brebes-tegal

https://www.youtube.com/watch?v=mKI7-6gLaSk

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian