[SALAH] Dana Hibah dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Informasi palsu. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskopukm) melalui akun media sosial resmi mengklarifikasi bahwa pihaknya tidak pernah meminta dana dalam bentuk apapun.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten Palsu

====

SUMBER: Hasil screenshot dari WA

====

NARASI:

Korban: “Panjenengan siapa?”

Penipu: “Saya kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Timur, ingin mengabarkan bahwa ibu mendapatkan hibah sebesar 100jt dari kami. Kirimkan KTP dan no. Rekening.”

====

PENJELASAN:

Beredar chat dari oknum yang mengatasnamakan kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, memberikan dana hibah sebesar 100jt. Informasi tersebut diberikan lewat chat Whatsapp dan meminta target untuk mengirimkan KTP dan no. Rekening guna mentransfer dana hibah.

Melalui akun resmi Instagram @diskopukm.jatim, pihaknya mengklarifikasi bahwa informasi dibagikannya dana hibah sebesar 100jt mengatasnamakan kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Timur adalah PENIPUAN.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur menyatakan tidak pernah mengeluarkan statement secara personal, adapun segala bentuk pemberitahuan ataupun pengumuman disampaikan melalui surat resmi. Kemudian, pihaknya juga tidak memungut dana dalam bentuk apapun. Segala bentuk kegiatan dilaksanakan berdasarkan peraturan dan ketentuan berlaku.

Berikut pihaknya mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, baik yang mengaku sebagai Kepala Dinas, Pejabat lainnya, maupun staff. Apabila masyarakat menemukan keganjalan serupa, harap untuk melaporkan kepada pihak berwajib.

Berdasarkan data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa, pemberitahuan pemberian dana hibah lewat Whatsapp yang mengatasnamakan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur adalah HOAX dan termasuk kategori Konten Palsu.

====

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CLGeHlCnaOT/

https://twitter.com/…/status/1359634804308725763/photo/1

====

Penulis: Ani Nur MR

Editor: Bentang Febrylian