[SALAH] Undertaker Mendukung Petani India

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Gambar hasil suntingan/editan. Dalam postingan asli di akun Twitter-nya yang diunggah pada 17 Desember 2020, Undertaker tidak memberi dukungan kepada petani di India, melainkan program kerjanya bersama WWE yang bekerjasama dengan Omaze.

=======================

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

=======================

Sumber: Facebook

https://archive.vn/p63ag

=======================

Narasi:

“Thanks #Undertaker for support #Undertaker #KisanAndolan #जयकिसान #FarmersProtest”

Narasi dalam gambar:

“We cannot even think of our healthy body without the crops grown by the farmers. Respect and support the farmers.

#FarmerProtest”

=======================

Penjelasan:

Akun Facebook Laatsahab Sanju Gujjar Jsp mengunggah gambar hasil  tangkapan layar salah satu postingan akun Twitter Undertaker pegulat profesional WWE, dalam postingan itu terdapat foto Undertaker sedang memegang sebuah kertas dengan tulisan “LET’S TEAM UP”.

Postingan tersebut juga disertai narasi yang diklaim mendukung petani di India yang sedang melakukan demo dan mogok makan sebagai bentuk protes atas kebijakan pertanian baru yang diperkenalkan oleh PM Narendra Modi.

Berdasarkan hasil penelusuran, gambar tersebut adalah hasil editan. Ditemukan postingan asli pada akun Twitter Undertaker dengan foto yang sama diunggah pada 17 Desember 2020 dengan disertai narasi sebagai berikut:

“.@WWE has teamed up with Omaze to support the life-changing work of Make-A-Wish by offering you the chance to win a day at the @WWEPC with me.”

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia:

“.@WWE telah bekerja sama dengan Omaze untuk mendukung karya Make-A-Wish yang mengubah hidup dengan menawarkan Anda kesempatan untuk memenangkan satu hari di @WWEPC bersama saya.”

Dengan demikian, klaim gambar Undertaker mendukung petani India adalah salah dan termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

=======================

Referensi: 

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4480572/cek-fakta-legenda-wwe-beri-dukungan-untuk-petani-india-simak-penelusurannya

Penulis: Konaah

Editor: Bentang Febrylian