[SALAH] “Ra Karror menikahi dua perempuan sekaligus.”

BUKAN sekaligus tapi kedua kalinya. Pria di foto itu, RKH Karror Abdullah Aschal, menikahi seorang perempuan yang akan menjadi istri keduanya. Sementara perempuan yang satu lagi adalah istri pertama, yang sudah dinikahi sejak 12 tahun lalu. Dalam pesta tersebut, Ra Karror sengaja mengikutsertakan istri pertamanya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Aisha Weddings (fb.com/aishaweddings) pada 22 Januari 2021 mengunggah 2 foto mempelai pria bersama dua perempuan di pelaminan dengan narasi sebagai berikut:

“Ra Karror menikahi dua perempuan sekaligus. Pria tersebut justru menikah lagi atas permintaan istri pertama. Bahkan, istri pertama sendiri yang mencarikan istri kedua untuk suaminya. Tidak ada konflik atas pernikahan itu. Ini Arti Cinta Sebenarnya, Tanda Cinta Sejati.”

Sumber : https://archive.vn/LBYa4 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa RKH Karror Abdullah Aschal atau yang akrab disapa Ra Karror menikahi dua perempuan sekaligus adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan sekaligus tapi kedua kalinya. Pria di foto itu, RKH Karror Abdullah Aschal, menikahi seorang perempuan yang akan menjadi istri keduanya. Sementara perempuan yang satu lagi adalah istri pertama, yang sudah dinikahi sejak 12 tahun lalu. Dalam pesta resepsi tersebut, Ra Karror sengaja mengikutsertakan istri pertamanya.

Dilansir dari Detikcom, kakak kandung Ra Karror, RKH Mohammad Nasih Aschal, membantah kabar bahwa adiknya menikahi dua perempuan dalam satu waktu. Menurut Nasih, pernikahan yang viral itu merupakan pernikahan kedua adiknya. Nasih menjelaskan dua perempuan di pelaminan itu memang istri Ra Karror. Namun salah satunya merupakan istri pertama, yang dinikahi sejak 12 tahun lalu.

“Iya, jadi itu sebenarnya bukan langsung (menikahi dua perempuan). Itu kedua kalinya adik saya manten. Itu jadi satu kuade (pelaminan), ada istri yang pertama. Yang istrinya pertama sudah nikah sekitar 12 tahun. Nah, sekarang dia naik lagi ke pelaminan untuk menikah lagi, ya dengan istri keduanya” ujar Nasih saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (1/12/2020).

Selain itu, dilansir dari INews, Ra Karror menikah lagi ditemani istri pertamanya, Neng Aan. Dikabarkan bahwa pernikahan kedua Ra Karror merupakan inisiatif sendiri Neng Aan. Perempuan itu sengaja meminta suaminya menikah kembali dengan alasan pernikahan mereka belum menghasilkan keturunan.

Diketahui, Ra Karror ternyata merupakan cicit generasi keempat dari Syaikhona Kholil atau Syekh Kholil, yang merupakan seorang ulama kharismatik dari Pulau Madura. Ra Karror memiliki nama lengkap RKH Karror Abdullah Aschal. Ra Karror adalah salah satu putra almarhum KHR Abdullah Aschal dengan istrinya almarhumah Nyai Hj Sumtin Abdullah. Dia dikenal sebagai pimpinan Jam’iyah Sholawat Shollu Community. Beliau juga menjadi salah satu pengasuh Ponpes Syaichona Moh. Cholil Demangan di Bangkalan.

REFERENSI
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5276874/fakta-di-balik-viralnya-pria-bangkalan-menikahi-dua-perempuan-sekaligus
https://jatim.inews.id/berita/viral-pria-madura-nikahi-2-perempuan-cantik-ternyata-salah-satu-istri-pertamanya

About Adi Syafitrah 1226 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo