[SALAH] Lowongan Kerja Terbaru PT Pertamina Tahun 2021

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi palsu. Faktanya, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan bahwa informasi rekrutmen tersebut adalah hoaks.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: Facebook
https://archive.md/TAyqU

====

Narasi:

“PT PERTAMINA persero sedang membuka lowongan kerja terbaru, silahkan bagi yang berminat dan semoga bermanfaat bagi kalian semua.”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Genta Akbar mengunggah narasi dan foto yang di dalamnya terdapat informasi terkait rekrutmen karyawan terbaru PT Pertamina tahun 2021 pada grup Info Loker Majalengka. Untuk melamar pada posisi yang dibuka, pelamar diharuskan memenuhi beberapa persyaratan yang diminta dan kemudian dikirim melalui email paling lambat pada 12 Februari 2021.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi rekrutmen karyawan tersebut adalah palsu. Mengutip dari Kompas, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan, informasi rekrutmen karyawan terbaru PT Pertamina itu adalah hoaks. Masyarakat juga diminta untuk berhati-hati jika mendapatkan informasi yang mengatasnamakan PT Pertamina.

“Ini hoax. Yang ini kayaknya baru, kalau yang sebelum-sebelumnya sudah kami cap hoax dan share release. Upaya kami dengan memviralkan kembali yang sudah dicap hoax atau penipuan. Lalu juga dibuatkan release resmi dan kami sampaikan ke Kominfo dan website-website anti hoax,” tegas Fajriyah.

Adapun informasi terkait rekrutmen karyawan PT Pertamina hanya dapat diakses dan dipublikasikan melalui laman https://recruitment.pertamina.com/.

Dari berbagai fakta yang sudah dijelaskan, unggahan akun Facebook Genta Akbar dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu.

====

Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/06/205300365/-hoaks-lowongan-kerja-di-pertamina-pada-februari-2021?page=all

https://recruitment.pertamina.com/

Editor : Bentang Febrylian