[SALAH] “Isran Noor: Kantor yang buka akan kami rudal”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Foto hasil suntingan. Faktanya, tulisan pada siaran yang tayang di tvOne pada 18 Maret 2020 itu adalah “ISRAN NOOR GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR”.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Parodi

====

Sumber: Twitter
https://archive.md/7Gw3P

====

Narasi:

“`kondoms ini gubernurku.. gubernur kalian gimana? 🤣🤣”

Narasi dalam foto:

“ISRAN NOOR: KANTOR YANG BUKA AKAN KAMI RUDAL”

====
Penjelasan:

Telah beredar foto tangkapan layar siaran APA KABAR INDONESIA tayang di tvOne yang menampilkan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Dalam foto tangkapan layar yang diunggah akun base menfess Twitter (@tubirfess) tertulis pernyataan sang gubernur yang akan merudal kantor yang buka.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tangkapan layar tersebut adalah foto yang dimanipulasi. Foto tangkapan layar itu merupakan potongan dari siaran APA KABAR INDONESIA berjudul “Gubernur Kalimantan Bantah Adanya Local Lockdown, Isran Noor: Jangan Suka Adu Domba! | AKIP” yang tayang di tvOne pada 18 Maret 2020. Tulisan yang seharusnya terlihat, yaitu “ISRAN NOOR GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR”.

Selain itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal mengonfirmasi bahwa pernyataan Isran Noor yang akan rudal kantor yang buka adalah hoaks.

“Untuk hoax pertama yang memuat statement gubernur Kaltim akan rudal kantor yang buka pada Sabtu-Minggu itu tidak benar, kami sudah klarifikasi langsung kepada tvOne dan dijawab tidak benar ada tayangan seperti itu. Gambar itu telah melalui proses editing dan telah beredar yang menampilkan foto Gubernur saat wawancara dengan tvOne dalam program Apa Kabar Indonesia dengan statement Gubernur, ‘Kalau ada kantor yang buka akan kami rudal’,” tegas Faisal.

Dari berbagai fakta yang telah dijelaskan, unggahan akun base menfess Twitter (@tubirfess) dapat dikategorikan sebagai Konten Parodi.

====

Sumber:

https://www.youtube.com/watchv=eJ6U7loxeFY&ab_channel=TalkShowtvOe

https://www.tribunnews.com/corona/2020/03/18/gubernur-kaltim-isran-noor-masyarakat-kami-mungkin-lebih-mau-menghadapi-rudal-korut-daripada-corona

https://news.detik.com/berita/d-5363368/pemprov-gubernur-kaltim-akan-rudal-kantor-yang-buka-sabtu-minggu-hoax

Editor: Bentang Febrylian