[SALAH] “Anies: Jakarta Macet Tak Betul Juga, Kalau Jam 2 Pagi Sepi”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Foto hasil suntingan. Faktanya, foto beserta judul dalam artikel Kumparan itu sudah dimanipulasi. Adapun judul asli dari artikel yang tayang pada 30 Januari 2021 itu adalah “Canda Anies: Jakarta Macet Tak Betul Juga, Kalau Jam 2 Pagi Sepi”.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Twitter
https://archive.md/n3k89

====

Narasi:

“Komen frustasi, kyaknya stlah junjungannya Rizieq masuk penjara”

Narasi dalam foto:

“Anies: Jakarta Macet Tak Betul Juga, Kalau Jam 2 Pagi Sepi”

====

Penjelasan:
Akun Twitter Mohamad Guntur Romli (@GunRomli) mengunggah foto hasil tangkapan layar artikel Kumparan berjudul “Anies: Jakarta Macet Tak Betul Juga, Kalau Jam 2 Pagi Sepi” dengan disertai narasi. Unggahan tersebut telah mendapatkan atensi sebanyak 102 balasan, 171 retweet, dan 825 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tangkapan layar tersebut adalah foto yang dimanipulasi dengan menghilangkan kata “canda”. Ditemukan artikel dengan tanggal terbit yang sama pada 30 Januari 2021 pada portal Kumparan berjudul “Canda Anies: Jakarta Macet Tak Betul Juga, Kalau Jam 2 Pagi Sepi”. Di dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa Anies Baswedan sambil bercanda mengatakan jika ada warga ingin ke Jakarta bebas macet, sebaiknya datang pada pukul 2 pagi.

“Kalau jam 2 pagi Jakarta itu sepi, jadi kalau mau bebas macet jam 2 pagi, enggak ada kendaraan di situ,” pungkas Anies.

Dari berbagai fakta yang dijelaskan, unggahan akun Twitter Mohamad Guntur Romli (@GunRomli) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

=====

Sumber:

https://kumparan.com/kumparannews/canda-anies-jakarta-macet-tak-betul-juga-kalau-jam-2-pagi-sepi-1v50z0iUXLk/full

https://news.detik.com/berita/d-5354976/canda-anies-jakarta-macet-nggak-betul-jalanlah-jam-2-pagi

Editor: Bentang Febrylian