[SALAH] “Erdogan bangun 70.000 pemukiman elit”

Klaim dan foto TIDAK nyambung. Foto pertama adalah ketika Erdogan mengunjungi rumah gempa di Elâzığ, dihubungkan dengan foto perumahan di Dedemli yang jaraknya ratusan kilometer dari Elâzığ.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Koneksi yang Salah.

======

SUMBER

Facebook, http://bit.ly/36BGDq1.

======

NARASI

“Presiden Turki Erdogan: Saya bangun 70.000 pemukiman elit bagi rakyat Turki, gratis siap huni

Erdogan melakukan tinjauan proyek pembangunan 70.000 unit hunian elit bagi warga Turki kehilangan tempat tinggal akibat diterpa gempa bumi di tahun 2020.”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Koneksi yang Salah

Ketika judul, gambar, atau keterangan tidak mendukung konten”.

* SUMBER membagikan foto yang TIDAK saling berkaitan dan menambahkan narasi yang klaimnya tidak nyambung sehingga menimbulkan kesimpulan yang salah. [1]


(2) Salah satu artikel berkaitan dengan kunjungan Erdogan ke Elâzığ,

* Lider Gazetesi: “Presiden Recep Tayyip Erdogan menghadiri upacara turnkey peringatan dan tempat tinggal gempa yang diselenggarakan untuk peringatan pertama gempa bumi Elazig. Presiden Erdogan membuat pernyataan penting pada upacara tersebut.” [2]


(3) Salah satu artikel berkaitan dengan foto-foto perumahan di Dedemli,

* Karaman Habercisi: “Permukiman baru Dedemli Neighborhood, yang dibangun oleh Toki di distrik Meram Konya, akan segera selesai. Kaynak: Konya Karaman Yolu Üzerinde Dedemli İçin Sona Yaklaşılıyor” [3]


(4) Berkaitan dengan jarak Elâzığ – Dedemli,

* Google Maps:

“from Elâzığ, Elâzığ Merkez/Elazığ, Turkey
to Dedemli, 42830 Hadim/Konya, Turkey”. [4]


(5) Referensi lainnya yang berkaitan,

* Google Maps,

Elâzığ [5]

Dedemli [6]


* Berkaitan dengan kunjungan Erdogan ke Elâzığ,

TRT HABER: “Presiden Erdoğan memeriksa rumah gempa dari helikopter dan menerima informasi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Urbanisasi, Murat Kurum.” [7]

Anadolu Ajansi: “Untuk keluarga yang rumahnya hancur atau rusak parah akibat gempa bumi yang terjadi pada 24 Januari tahun lalu, TOKI menyelesaikan pembangunan 8 ribu rumah di bawah kepemimpinan Kementerian Lingkungan Hidup dan Urbanisasi.” [8]


* Berkaitan dengan peristiwa gempa di Turki,

VolcanoDiscovery: “Gempa besar berkekuatan 6,4 baru saja dilaporkan 10 km barat laut Sivrice, Turki” [9]

Wikipedia: “The 2020 Elazığ gempa terjadi pada pukul 20:55 waktu setempat (17:55 UTC ) pada tanggal 24 Januari di Turki .” [10]

======

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] lidergazetesi.com: “Ribuan rumah yang dibangun setelah gempa bumi di Elazig diberikan kepada pemilik yang sah dengan partisipasi Presiden Erdoğan.” http://bit.ly/3jguw6X (Google Translate) / http://bit.ly/3cAaD9z (arsip cadangan).

[3] karamanhabercisi.com: “Mendekati Akhir Dedemli di Jalan Konya-Karaman” http://bit.ly/2MKhN0e (Google Translate) / http://bit.ly/3cv7s38 (arsip cadangan).

[4] Google Maps: Elâzığ to Dedemli, http://bit.ly/3pLpUIt / https://archive.md/Imm98 (arsip cadangan).

[5] Google Maps: “Elâzığ, Elâzığ Merkez/Elazığ, Turkey” http://bit.ly/2YAXYLs / https://archive.md/LCPZQ (arsip cadangan).

[6] Google Maps: “Dedemli, 42830 Hadim/Konya, Turkey” http://bit.ly/3cCmzYy / https://archive.md/6t4dI (arsip cadangan).

[7] trthaber.com: “Presiden Recep Tayyip Erdogan di Elazig” http://bit.ly/2LefiTz / http://bit.ly/3oILFr1 (arsip cadangan).

[8] aa.com.tr: “Kunci kediaman ke-8 ribu di Elazig akan dikirimkan ke pemilik yang sah pada sebuah upacara” http://bit.ly/2LdAMzP / http://bit.ly/3rekDcQ (arsip cadangan).

[9] volcanodiscovery.com: “Mag. Sedang Gempa 5.5 – TURKI TIMUR pada hari Minggu, 27 Desember 2020 pukul 06:37 (GMT) – informasi” http://bit.ly/3jc4HF3 / http://bit.ly/2O39oFR (arsip cadangan).

[10] wikipedia.org: “Gempa Elazığ 2020” http://bit.ly/3pJ2HXf / http://bit.ly/36BPmIK (arsip cadangan).