[SALAH] Lantunan Bacaan Al-Quran Seorang Anak Papua

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Informasi anak tersebut berasal dari Papua tidak benar. Faktanya, seorang anak yang melantunkan ayat Al-Quran tersebut berasal dari Tanzania.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/0lB9e
https://archive.vn/frrGb

= = = = =

NARASI:
“viralkan,
anak papua suku asmat”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di Facebook video seorang anak yang melantunkan ayat Al-Quran yang diklaim anak tersebut berasal dari Suku Asmat, Papua. Video tersebut diposting oleh akun bernama Alex Durallex pada 4 Januari 2021. Postingan tersebut juga memperoleh like sebanyak 135k, komentar 662 dan dibagikan 115k.

Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan hoax yang muncul kembali. Melansir dari turnbackhoax.id, dalam artikel yang berjudul “[SALAH] Viral Bocah Papua ini Lantunkan Alquran dengan Sangat Merdu” pada tanggal 28 Desember 2020.

Informasi juga didapatkan dari akun Instagram
waterfallcharity dan salah satu postingan pada Instagram tersebut ditemukan video yang sama dengan postingan Facebook. Dalam video yang diunggah waterfallcharity ditemukan informasi bahwa anak tersebut berasal di Pulau Pemba, Tanzania.

Dengan demikian, klaim anak tersebut berasal dari Papua tidak benar. Anak yang ada dalam video tersebut berasal dari Tanzania, sehingga masuk dalam kategori konten yang salah.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2020/12/28/salah-viral-bocah-papua-ini-lantunkan-alquran-dengan-sangat-merdu/

https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4435042/cek-fakta-ini-bukan-video-bocah-papua-lantunkan-ayat-suci-alquran-simak-buktinya

https://www.instagram.com/tv/CIaZCb6pbv9/?igshid=18hs1fy5oxan2

https://www.instagram.com/p/CIbhNhiHLCh/

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian