[SALAH] Akun Facebook dan Website Xiaomi Indonesia

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Website dan akun palsu. Faktanya, website resmi dari Xiaomi Indonesia adalah mi.co.id dan akun Facebook Xiaomi Indonesia telah diverifikasi dengan bukti memiliki centang biru.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/yKlG2
https://archive.vn/0sZ7M

= = = = =

NARASI:

“𝐓𝐚𝐡𝐮𝐧 𝐁𝐚𝐫𝐮 | 𝐇𝐚𝐩𝐞 𝐁𝐚𝐫𝐮
Hebohh! Awali 2021 bersama dengan Xiaomi
𝐑𝐞𝐝𝐦𝐢 𝐍𝐨𝐭𝐞𝟗 cuma 𝟏 𝐣𝐮𝐭𝐚
Tersedia untuk 𝟐𝟎𝟐𝟏 pembeli
di seluruh Indonesia
[ Gratis Pengiriman ]
Info>> bit[dot]ly/3iydp05
Ikuti juga super flash sale
Diskon potongan langsung sampai dengan
𝐑𝐩.𝟐.𝟎𝟎𝟎.𝟎𝟎𝟎
utk berbagai jenis produk unggulan tahun ini seperti
Mi TV 4, POCO X3, Poco F2 Pro Mi10, Mi Watch
Beli sekarang disini >> bit[dot]ly/3iydp05”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan dari akun Facebook Xiaomi Indonesia memposting promosi sebuah event seperti harga tahun baru serta flash sale produk dari Xiaomi, pada postingan tersebut terlampir sebuah link yang menuju website xiaomi-co[dot]id untuk melakukan pembelian dan transaksi dari event tersebut dan diketahui website dan akun tersebut telah dihapus. Postingan disukai sebanyak 1000 kali, dikomentari sebanyak 22 kali, dan disebarkan kembali 25 kali.

Setelah melakukan penelurusan dengan mencari akun resmi Xiaomi Indonesia di Facebook diketahui sudah memiliki centang biru dan telah diverifikasi serta adanya pemberitahuan website palsu dari akun Instagram resminya dengan tangkapan layar yang serupa bahwa website resmi dari Xiaomi Indonesia adalah mi.co.id dan menghimbau pengguna untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Xiaomi Indonesia.

Melihat dari penjelasan tersebut, akun Facebook dan website xiaomi-co[dot]id Xiaomi Indonesia adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.facebook.com/XiaomiIndonesia

https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE4MDM2NzQxODA1MjczNDUx?igshid=1p1nnmyz1pet7&story_media_id=2489189610056776671_1548945530

Penulis: Natalia Kristian
Editor: Bentang Febrylian