[SALAH] “*#21# cara cek hp disadap”

Tidak ada hubungannya dengan penyadapan. *#21# adalah fungsi untuk “call forwarding” atau pengalihan panggilan masuk.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Duwik Puji Prasetia (fb.com/dwi.baron.754) pada 22 Januari 2021 mengunggah sebuah video ke grup CAH KENDAL RA ,, ( CKR ) dengan narasi sebagai berikut:

“Ikutan yang lagi viral cek HP yang disadap semoga bermanfaat buat dulur-dulur silakan mencobanya lur”

Di video yang berasal pengguna aplikasi SnackVideo bernama @Nyimassherly_ tersebut terdapat narasi “ikutan yang lagi viral cara cek hp disadap” dan “sempat deg-degkan awalnya” dan seseorang yang mengetikkan kode *#21#.

Sumber : https://archive.vn/TnTZi (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa *#21# adalah cara cek hp disadap merupakan klaim yang keliru.

Faktanya, tidak ada hubungannya dengan penyadapan. *#21# adalah fungsi untuk “call forwarding” atau pengalihan panggilan masuk.

Klaim ini sendiri merupakan hoaks berulang. Klaim yang sama, misalnya pernah diperiksa faktanya dan dibuatkan artikel berjudul [HOAX] “Apabila ada salah satu yg DITERUSKAN, maka bisa dipastikan Nomor anda telah disadap!!!” yang dimuat pada 1 November 2017 di situs turnbackhoax.id.

Selain itu, dilansir dari Liputan6, setelah ditelusuri, kombinasi *#21# sebenarnya digunakan untuk mengaktifkan call forwarding atau pengalihan panggilan. Jadi, fitur ini akan mengalihkan panggilan yang masuk ke nomor utama apabila tak dapat dihubungi.

Saat dikonfirmasi terkait pesan ini, Pakar Keamanan dan Kriptografi Pratama Persadha juga menyebut kabar itu tidak benar. Menurutnya, fitur ini memang digunakan untuk mengalihkan panggilan masuk.

“Call forwarding ini sebenarnya digunakan apabila telepon milik kita akan disambungkan ke saluran lain PSTN, mailbox, dan lain-lain,” tuturnya saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Rabu (21/2/2018) di Jakarta.

Terkait kemungkinan fitur call forwarding yang aktif tanpa diketahui pengguna, menurut Pratama, besar kemungkinan hal itu memang pengaturan bawaan dari kartu SIM milik operator.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2017/11/01/hoax-apabila-ada-salah-satu-yg-diteruskan-maka-bisa-dipastikan-nomor-anda-telah-disadap/
https://en.wikipedia.org/wiki/Call_forwarding#Mobile_.28cell.29_phones
https://www.liputan6.com/tekno/read/3307327/ini-penjelasan-soal-penyadapan-smartphone-dari-nomor-21

About Adi Syafitrah 1084 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo