[SALAH] “Tangkapan layar Gus Milos saat dihubungi pihak Metro TV yang memberikan bantuan bagi korban banjir”

Gambar editan / suntingan. Gambar itu merupakan editan dari program Breaking News Metro TV yang berjudul “BANJIR BANDANG TERJANG KAB. JAYAPURA” pada menit ke-05 dan detik ke-23 yang tayang pada 17 Maret 2019 pada situs metrotvnews.com.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Satire/Parodi
============================================

Akun Kompyang Iwantara (fb.com/kompyang.iiewandthara) pada 22 Januari 2021 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar yang seolah merupakan tampilan program Breaking News Metro TV berjudul “GUS MILOS BERIKAN BANTUAN BAGI KORBAN BANJIR” ke grup FANS MEGAWATI dengan narasi sebagai berikut:

“Bersama Milos, membangun negri.
Tangkapan layar Gus Milos saat dihubungi pihak Metro TV yang memberikan bantuan bagi korban banjir.
Sungguh mulia sekali kader PDIP satu ini yang sangat jarang pencitraan dengan memfoto dirinya sedang berada dilokasi bencana, beliau mendukung dari balik layar dengan senyap dan tulus ikhlas.
Salam bantenk”

Sumber : https://archive.vn/u0yip (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya gambar tangkapan layar program Breaking News Metro TV yang berjudul “GUS MILOS BERIKAN BANTUAN BAGI KORBAN BANJIR” adalah klaim yang keliru.

Faktanya, gambar itu merupakan editan dari program Breaking News Metro TV yang berjudul “BANJIR BANDANG TERJANG KAB. JAYAPURA” pada menit ke-05 dan detik ke-23 yang tayang pada 17 Maret 2019 pada situs metrotvnews.com.

Pria yang sedang diwawancarai di video itu bukanlah sesorang bernama Gus Milos seperti yang diklaim oleh sumber klaim, melainkan Kontributor Metro TV, Ricardo Hutahean.

Tampilan saat Ricardo Hutahean diwawancarai diganti dengan foto Sonny T. Danaparamita, Anggotra Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, yang wajahnya diganti dengan wajah Ricardo Milos, seorang model dewasa Brasil yang dikenal karena foto dan videonya sering dijadikan bahan meme.

REFERENSI
https://www.metrotvnews.com/play/KXXUY5OP-jumlah-korban-jiwa-akibat-banjir-bandang-sentani-masih-didata
https://jatimtimes.com/baca/221761/20200824/193800/sonny-anggota-fraksi-pdi-p-dpr-ri-usulkan-dpp-pecat-kader-di-banyuwangi
https://knowyourmeme.com/memes/people/ricardo-milos

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo