[SALAH] Pesan Berantai Tautan Pendaftaran Kartu Prakerja

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Pesan berisi tautan palsu. Faktanya, tautan asli terkait pendaftaran kartu prakerja hanya dapat diakses melalui https://www.prakerja.go.id/.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====
Sumber: Pesan Telegram

====

Narasi:
“http: //www[dot]cm2f7nh[dot]top/app/job/tiaoban[dot] php”

====

Penjelasan:
Telah beredar pesan berantai melalui Telegram yang berisi tautan terkait pendaftaran kartu prakerja. Setelah tautan tersebut dibuka, calon pendaftar diminta untuk mengisi formulir yang disediakan dengan memasukan status pekerjaan, nama, dan nomor telepon.

Berdasarkan hasil penelusuran, tautan yang beredar melalui pesan berantai di Telegram itu bukanlah tautan resmi pendaftaran kartu pekerja. Adapun tautan resmi yang disediakan pemerintah untuk mendaftar kartu prakerja dapat diakses melalui https://www.prakerja.go.id/.

Pesan berantai serupa sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] Situs Untuk Mendaftar Kartu Prakerja dan [SALAH] “Langkah untuk mendaftar Prakerja, Kunjungi situs prakerja[dot]vip”.

Dengan demikian, pesan berantai yang beredar melalui Telegram dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu karena pemerintah menyediakan informasi terkait pendaftaran kartu prakerja yang dapat diakses melalui tautan resmi https://www.prakerja.go.id/.

====

Referensi:

https://www.prakerja.go.id/

Penulis : Renanda Dwina Putri

Editor : Bentang Febrylian