[SALAH] Akun Whatsapp Bupati Cianjur Herman Suherman

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Akun palsu. Herman Suherman telah mengonfirmasi lewat akun Facebook terverifikasi bahwa akun Whatsapp bernomor +62 812-1705-8050, disertai dengan foto profil bergambar Bupati Cianjur tersebut adalah PALSU.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: KONTEN TIRUAN

====

SUMBER: Hasil screenshot percakapan di Whatsapp

====

NARASI:

“maaf apa benar ini dengan Ponpes Darussalamah Al-Mubarok”

“Iya betul”

“maaf ustadz. Ini saya dan rekan-rekan kebetulan ada sedikit rejeki yang akan di sedekahkan”

“Mohon maaf ini dengan siapa? Dari mana?

“Herman Suhendra Pemkab Cianjur”

====

PENJELASAN:

Sebuah akun Whatsapp bernomor +62 812-1705-8050 mengaku bernama Herman Suhendra dari Pemkab Cianjur dan menggunakan foto profil bergambar Bupati Cianjur, Herman Suherman, menghubungi pihak ponpes Darussalamah Al-Mubarok. Ia juga mengaku sebagai orang dari Pemkab Cianjur yang berniat untuk memberikan sedekah untuk ponpes tersebut.

Diketahui bahwa akun Whatsapp yang memakai foto profil bergambar Bupati Cianjur, Herman Suherman adalah palsu. Melalui akun Facebook Herman Suherman, yang telah terverifikasi, herman menyatakan akun Whatsapp yang mengatasnamakan dan menggunakan foto profilnya adalah palsu dan berniat untuk melakukan penipuan.

“Di informasikan kepada seluruh warga Cianjur, bahwa saat ini ada yang mengatasnamakan dan menggunakan foto profile saya untuk melakukan penipuan.” Ujarnya.

Bupati Cianjur tersebut juga memohon pada masyarakat agar berhati-hati dan melapor kepada akun pribadinya di media sosial, jika ada orang yang mengaku sebagai Herman Suherman atau akun yang memakai foto profil dirinya.

“Di mohon untuk dapat berhati-hati dan mengkonfirmasikan melalui sosial media saya ini apabila di hubungi oleh orang yang mengaku sebagai Herman Suherman atau menggunakam foto profile saya.” Tegasnya kembali.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa akun Whatsapp dengan foto profil bergambar Bupati Cianjur, Herman Suherman adalah HOAX dan termasuk kategori KONTEN TIRUAN.

====

REFERENSI:

https://www.facebook.com/H.HermanSuherman/posts/1284389091946328

https://www.instagram.com/p/CKJPGLKhetP/

====

Penulis: Ani Nur M R

Editor: Bentang Febrylian