[SALAH] Lowongan Kerja PT Pertamina (PERSERO)

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, lowongan kerja tersebut adalah hoaks. Setelah ditelusuri, PT Pertamina ternyata tidak membuka lowongan kerja pada Desember 2020.

Selengkapnya ada di penjelasan!

=====

[KATEGORI]:

IMPOSTER CONTENT/Konten Tiruan

=====

[SUMBER]:

FACEBOOK
archive.vn/vmhsJ

=====

[NARASI]:

Recruitment Fresh Graduate
PT Pertamina (Persero) memberikan kesempatan kepada insan-insan lulusan terbaik SMA/SMK hingga S1 untuk bergabung dalam program recruitment dan mengisi posisi sebagai berikut.

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah postingan dari akun Facebook bernama Agung Prasetyo. Dalam unggahannya, akun ini menampilkan poster lowongan kerja yang diklaim merupakan lowongan kerja dari PT Pertamina. Di dalam poster ditampilkan beberapa kriteria dan posisi yang tengah dibutuhkan. Serta para calon pelamar diimbau untuk mengirimkan berkas persyaratan ke email yang mencantumkan nama PT Pertamina.

Namun, setelah dilakukan penelusuran, unggahan tersebut ternyata hoaks. Melansir dari liputan6.com, Unit Manager Communication & CSR Jawa Tengah & DIY Pertamina, Andar Titi Lestari, memastikan kalau klaim tersebut adalah hoaks.

“Itu tidak benar alias hoaks. Resminya ada di website kita. Di luar website kita berarti hoaks,” ungkap Titi.

Diketahui pula bahwa unggahan dari Agung Prasetyo ini ternyata telah dibantah secara langsung oleh pihak Pertamina melalui akun Instagram resminya. Pertamina kemudian melabeli unggahan ini dengan kata “Penipuan”.
Selama tahun 2020 juga, hoaks mengenai lowongan kerja dari PT Pertamina sudah beberapa kali muncul. Hoaks tersebut berupa surat panggilan kerja atau wawancara dari PT Pertamina.

Jadi dapat disimpulkan bahwa info lowongan kerja dari PT Pertamina adalah hoaks kategori imposter content atau konten tiruan.

=====

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4445260/cek-fakta-hoaks-lowongan-kerja-pertamina-untuk-tahun-2021-simak-buktinya

https://www.kominfo.go.id/content/detail/20134/hoaks-informasi-lowongan-kerja-atas-nama-pt-pertamina/0/laporan_isu_hoaks

Penulis: Gabriela Nauli Sinaga
Editor: Bentang Febrylian