[SALAH] Jakarta Zona Hitam

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Informasi tersebut tidak benar, faktanya pembagian zonasi penyebaran Covid-19 hanya empat warna dan tidak ada warna hitam di dalamnya.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/wip/9s1fY

= = = = =

NARASI:

“Jakarta zona hitam coy tak bisa kmna mana di isolasi euy hadeuh”

= = = = =

PENJELASAN:

Telah beredar di media sosial Facebook sebuah postingan terkait warna zona covid-19 di Ibu Kota Jakarta, dalam postingan yang diunggah oleh akun @Raka Kaka menyatakan bahwa Ibu Kota Jakarta kembali menjadi zona hitam sehingga diharuskan mengisolasi diri.

Faktanya, informasi tersebut tidak benar. Melansir dari kumparan.com, Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr. Steaven Dandel mengatakan dalam zonasi penyebaran virus corona, tidak ada istilah zona hitam. Hal tersebut disampaikan Dandel guna menanggapi maraknya informasi yang menyebut Manado zona hitam Covid-19 Desember 2020 lalu.

Lebih lanjut Dandel menjelaskan bahwa zonasi hanya ada empat warna yakni, hijau, kuning, orange dan merah, sehingga informasi yang menyebutkan adanya zona hitam adalah salah.

Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook tentang Ibu Kota Jakarta berada di zona hitam tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten Menyesatkan.

=====

REFERENSI:

https://covid19.go.id/peta-risiko

https://m.kumparan.com/manadobacirita/manado-disebut-zona-hitam-corona-ini-penjelasan-satgas-covid-19-sulawesi-utara-1umTC8zdT7E

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/09/10/20433361/hoaks-sejumlah-kelurahan-di-jakarta-disebut-masuk-zona-hitam-covid-19

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5131702/jakarta-zona-hitam-hoax-ini-fakta-warna-zonasi-corona-di-dki-dari-satgas-covid-19

Penulis: Fachrun Nisa
Editor: Bentang Febrylian