[SALAH] Baim Wong Adakan Bagi-bagi Hadiah Sebesar Rp50.000.000

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, Baim Wong mengadakan program bagi-bagi hadiah hanya melalui akun YouTube dan Instagram resmi secara langsung (live).

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Tiruan

====

Sumber: Facebook
https://archive.is/CWodm

====

Narasi:

“Selamat Anda menang di Giveaway Indonesia BOSQUE Baim wong Rp. 50.000.000, rupiah Nonton terus di facebook & channel YouTibe jangan lupa subscribe dan komentar,👇👇

https://sites.google.com/view/give-a-way-time55/home

👆👆

Cara untuk meneriman hadiah dari BOSQUE nya
(1) Silahkan kirim poto kartu ATM depan belakang dan kirim no. Rekeningnya
(2) Setelah kami proses secepatnya Anda menuju ke mesin ATM langsung cek saldo lalu di photo kirimkan ke WhatsApp kami.
(3) setelah diterima dananya ditangan langsung dihubungi vc.an sama BOSQUE ya
(4) kalau terlambat kirim lampiran photo rekening dan ATM jarak waktu 10 menit kami hanguskan
(5) karena ini kami tidak mau terjadi hal- hal yang tidak diinginkan jadi saya harap kepada setiap pemenang ikuti aturan yang berlaku disini.
(6) demikian informasi yang kami beritahukan semoga sukses Indonesia GIVEAWAY. BOSQUE Baim Paula.”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Baim fans bagikan 10 gurop mengadakan siaran langsung (live) dengan menggunakan video Baim Wong beserta istri dan anaknya pada 13 Januari 2020. Siaran langsung yang diklaim sebagai program bagi-bagi hadiah sebesar Rp50.000.000 itu telah ditonton sebanyak 1.600 kali dan mendapat atensi sebanyak 1.600 komentar dan 35 suka. Untuk mendapatkan hadiah tersebut, peserta diminta untuk mengikuti beberapa syarat yang salah satunya adalah memfoto kartu ATM tampak depan dan belakang.

Berdasarkan hasil penelusuran, program bagi-bagi hadiah tersebut adalah palsu. Ditemukan video klarifikasi istri Baim Wong, Paula Verhoeven di YouTube yang mengemukakan bahwa program bagi-bagi hadiah yang diadakan Baim Wong hanya akan dilakukan melalui siaran langsung (live) di akun Youtube dan Instagram resmi mereka untuk menghindari penipuan.

“Giveaway kita itu selalu ada jamnya. Jadi kalau giveaway Baim Paula itu hanya ada di YouTube dan Instagram, itu pun live. Kita live untuk menghindari settingan, penipuan. Sekarang yang lagi berlangsung itu giveaway di Facebook, itu pun live Facebook Gaming which is suami aku.Selain itu, kita tidak pernah mengadakan giveaway,” ujar Paula dalam video klarifikasi yang diunggah oleh akun YouTube Baby Kiano Tiger Wong pada 19 Juli 2020.

Unggahan terkait bagi-bagi hadiah dari Baim Wong juga pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax yang berjudul “[SALAH] Baim Wong Adakan Giveaway Di Grup Facebook” pada 24 Oktober 2020.

Dengan demikian, siaran langsung yang diadakan oleh akun Facebook Baim fans bagikan 10 gurop dikategorikan sebagai Konten Tiruan karena Baim Wong mengadakan program bagi-bagi hadiah hanya melalui akun YouTube dan Instagram resmi secara langsung (live) untuk menghindari penipuan.

====

Referensi:

Penulis : Renanda Dwina Putri

Editor : Bentang Febrylian