[SALAH] Presiden Terpilih AS Joe Bidden Mundur Karena Alasan Kesehatan

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, kongres AS mengadakan pertemuan pada 6 Januari pukul 1 siang waktu setempat untuk mengesahkan kemenangan pasangan presiden dan wakil presiden AS terpilih, Joe Biden – Kamala Harris yang akan dilantik pada 20 Januari mendatang.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: Facebook
https://archive.is/MQNNd#

====

Narasi:

“Here we go !!!”

Narasi dalam foto hasil tangkapan:

“President Elect Biden steps down as President Elect
FOX (Atlanta) 5:35 pm 01-01-21

Newly President Elect Joe Biden has resigned as President elect after consulting with his family & legal team due to an unspecified health issue. President elect Biden’s advisors and legal team will make an official announcement tonight at 9pm ET. FOX will be following any new information and will keep you informed for the latest.”

“Presiden Terpilih Biden mundur sebagai Presiden Terpilih
FOX (Atlanta) 17:35 01-01-21

Presiden yang baru terpilih Joe Biden mengundurkan diri sebagai presiden terpilih setelah berkonsultasi dengan keluarga & tim hukumnya karena masalah kesehatan yang tidak ditentukan. Penasihat dan tim hukum Presiden terpilih Biden akan membuat pengumuman resmi malam ini pukul 9 malam ET. FOX akan mengikuti informasi baru dan akan terus memberi Anda informasi terbaru”

====
Penjelasan:

Akun Facebook Underground Patriot mengunggah foto hasil tangkapan layar yang di dalamnya terdapat informasi bahwa presiden AS terpilih, Joe Biden, mengundurkan diri dari jabatannya karena masalah kesehatan yang tidak ditentukan. Unggahan tersebut telah mendapat atensi sebanyak 1,1 ribu reaksi, 2 ribu komentar, dan dibagikan sebanyak 1,5 ribu kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi mundurnya presiden AS terpilih Joe Biden karena masalah kesehatan tidak tepat. Mengutip dari US Today, kongres mengadakan pertemuan pada 6 Januari pukul 1 siang waktu setempat untuk mengesahkan kemenangan pasangan presiden dan wakil presiden AS terpilih, Joe Biden – Kamala Harris yang akan dilantik pada 20 Januari mendatang. Selain itu, berdasarkan ringkasan medis kesehatan Joe Biden yang dirilis tahun 2019 oleh Dr.Kevin O’Connor dari The George Washington University, Biden digambarkan sebagai pria berusia 77 tahun yang sehat, kuat, dan cocok untuk berhasil melaksanakan tugas Kepresidenan termasuk sebagai Kepala Eksekutif, Kepala Negara, dan Panglima Tertinggi.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Underground Patriot dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu karena kongres AS mengadakan pertemuan pada 6 Januari pukul 1 siang waktu setempat untuk mengesahkan kemenangan pasangan presiden dan wakil presiden AS terpilih, Joe Biden – Kamala Harris yang akan dilantik pada 20 Januari mendatang.

====
Referensi:

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/01/05/false-claim-biden-plans-step-down-president-elect/4113914001/

https://www.usatoday.com/story/news/politics/2021/01/01/congress-count-electoral-votes-jan-6-formalizing-bidens-win/4086513001/

https://go.joebiden.com/page/-/CiU2iAa4Ig_%20j5EQzueoad.pdf

Penulis : Renanda Dwina Putri

Editor : Bentang Febrylian