[SALAH] Aturan Baru Facebook yang Menggunakan Data Pribadi Pemilik Akun

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Facebook telah membantah informasi tersebut.  Pihak Facebook menyatakan bahwa pengguna Facebook dapat memiliki semua konten dan informasi yang diposting oleh pengguna serta dapat mengontrol bagaimana konten dan informasi itu dibagikan melalui pengaturan privasi dan aplikasi pengguna.

==============

Kategori: Konten Palsu

==============

Sumber: Facebook

https://archive.vn/HGXwj

==============

Narasi:

PERINGATAN..!!!

Jangan lupa besok mulai aturan Facebook yang baru, di mana mereka dapat menggunakan segala material postingan anda. Jangan lupa batas waktunya hari ini!!! Mereka dapat mengunakannya dalam perkara litigasi terhadap diri anda di pengadilan atas semua postingan yg telah terpublikasi mulai hari ini, bahkan pesan yang telah terhapus.

Tidak ada biaya untuk salinan ini dan posting status ini di halaman Facebook anda, segera deklarasikan hari ini, lebih baik aman daripada menyesal nanti.

Saya deklarasikan bahwa saya tidak memberikan izin kepada Facebook atau entitas yang terkait dengan izin Facebook untuk menggunakan material postingan apapun termasuk photo, gambar, informasi, pesan, atau email saya, baik di hari ini, di masa lalu maupun di masa depan.

Dengan deklarasi ini, saya beritahukan kepada Facebook bahwa dilarang keras untuk mengungkapkan, menyalin, mendistribusikan, atau mengambil tindakan lain terhadap diri saya berdasarkan profil Facebook ini dan/atau isi dan informasinya.

Pelanggaran privasi dapat dituntut secara hukum di pengadilan baik perdata ataupun pidana.

Hati² !!!

==============

Penjelasan:

Telah beredar postingan Facebook mengenai peringatan untuk menuliskan sejumlah pernyataan pribadi terkait dengan aturan baru Facebook yang memungkinkan penggunaan data pribadi akun pengguna Facebook.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui informasi serupa juga telah beredar sebelumnya dan telah dibantah oleh pihak Facebook. Melalui laman FB Fact, pihak Facebook menyatakan bahwa pengguna Facebook dapat memiliki semua konten dan informasi yang diposting oleh  pengguna serta dapat mengontrol bagaimana konten dan informasi itu dibagikan melalui pengaturan privasi dan aplikasi pengguna.

“Anda mungkin pernah melihat kiriman yang memberi tahu Anda bahwa Anda harus menyalin dan menempelkan pemberitahuan untuk mempertahankan kendali atas hal-hal yang Anda bagikan di Facebook. Jangan percaya. Ketentuan kami menyatakan dengan jelas: Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda posting di Facebook, dan Anda dapat mengontrol bagaimana konten dan informasi itu dibagikan melalui pengaturan privasi dan aplikasi Anda. Begitulah cara kerjanya, dan ini tidak berubah,” tulis Facebook dalam laman FB Fact.

Lebih lanjut dalam Ketentuan Layanan, Facebook menegaskan tidak menjual data pribadi pengguna kepada pengiklan, dan Facebook tidak membagikan informasi yang dapat mengidentifikasi pengguna secara langsung (seperti nama pengguna, alamat email, atau informasi kontak lainnya) kepada pengiklan, kecuali jika pengguna memberikan izinnya secara khusus kepada Facebook.

Singkatnya, pengguna dapat mengontrol dengan tepat bagaimana konten dan informasi yang dibagikan di Facebook melalui pengaturan privasi Facebook. Pengguna dapat mengunjungi Dasar-dasar privasi dan membaca Kebijakan data, Facebook ingin pemilik akun tetap mengetahui dan dapat mengontrol pengalaman pengguna di Facebook.

Dengan demikian, klaim informasi aturan baru Facebook yang memungkinkan penggunaan data pribadi akun pengguna adalah tidak benar dan termasuk dalam kategori konten Palsu.

==============

Referensi:

https://web.facebook.com/fbfacts/1573108242983244/?_rdc=1&_rdr

https://web.facebook.com/legal/terms?_rdc=1&_rdr

https://web.facebook.com/about/privacy/

https://www.howtogeek.com/304037/does-facebook-own-my-photos/

Penulis: Konaah

Editor: Bentang Febrylian

==============

Narasi Lanjutan:

“Facebook sekarang menjadi entitas publik. Semua anggota wajib memposting catatan seperti ini.

Jika ikut memberikan deklarasi atas hal ini, anda dapat menyalin dan menempel postingan status ini. Jika Anda tidak memberikan deklarasi tentang hal ini setidaknya satu kali, seakan secara eksplisit atau implisit memberikan izin terhadap berbagai kemungkinan penggunaan status, postingan, foto anda, serta informasi material lain yang terkandung dalam pembaruan status profil Facebook anda.

POSTINGAN INI JANGAN DIBAGIKAN !!!!, TAPI SALIN DAN TEMPEL DI HALAMAN ANDA.

Algoritma baru mereka memilih beberapa orang yang sama, sekitar 25 orang yang akan membaca postingan Anda.

Caranya :

Tahan jari anda pada postingan ini dan “salinan” akan muncul. Klik “salin”. Lalu buka halaman anda, mulai postingkan baru dan letakkan jari anda di mana saja di kolom kosong. “Tempel” akan muncul dan klik tempel.

Ini akan melewati sistem.

SAYA TIDAK MEMBERI IZIN FACEBOOK UNTUK MEMBAGIKAN MATERIAL APAPUN, YANG TELAH SAYA POSTING DI SITUS MEREKA, BAIK POSTINGAN DI HARI INI, DI MASA LALU DAN DI MASA YG AKAN DATANG SERTA INFORMASI LAINNYA, TERMASUK PHOTO2, NOMOR TELEPON ATAU EMAIL.

TIDAK ADA YANG DAPAT DIGUNAKAN DALAM BENTUK FORMULIR APAPUN TANPA IZIN DARI SAYA!

Wassalam”.