[SALAH] Video “Proses pengangkatan badan pesawat Sriwijaya air SJ 182”

BUKAN badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Kejadian di video itu juga bukan proses pengangkatan, melainkan proses penenggelaman pesawat penumpang Airbus A330 bekas yang sengaja ditenggelamkan di lepas pantai barat laut Turki untuk menarik wisatawan selam pada tahun 2019.

Selengkapnya di bagain PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
============================================

Akun Syaiful Niczam (fb.com/satria.sebastian.503) pada 10 Januari 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut;

“Proses pengangkatan badan pesawat Sriwijaya air SJ 182”

Sumber : https://archive.is/e82Z7 (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video proses pengangkatan badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Kejadian di video itu juga bukan proses pengangkatan, melainkan proses penenggelaman pesawat penumpang Airbus A330 bekas yang sengaja ditenggelamkan di lepas pantai barat laut Turki untuk menarik wisatawan selam pada tahun 2019.

Sumber klaim membuat video yang diunggahnya berjalan mundur atau backward sehingga seolah pesawat tersebut terangkat dari dalam laut.

Dilansir dari Liputan6, video yang identik dengan klaim proses pengangkatan bangkai pesawat Sriwijaya Air bisa dilihat di saluran YouTube milik Obafemee80 yang mengunggah video itu pada 20 Juni 2019 dengan judul: “Turkey Purposely Sunk An Airbus A330 Aircraft To Attract Scuba Divers And Boost Marine Life”.

Selain itu, dilansir dari BBC, dijelaskan kalau pesawat penumpang Airbus A330 bekas sengaja ditenggelamkan di lepas pantai barat laut Turki untuk menarik wisatawan selam. Pesawat itu memiliki panjang 65 meter ditenggelamkan ke Laut Aegea dengan kedalaman 30 meter. Laut ini berada di lepas Pelabuhan Ibrice di Provinsi Edirne. Disebutkan kalau Turki dengan sengaja menenggelamkan Pesawat Airbus A330 untuk menarik penyelam scuba dan meningkatkan kehidupan laut.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4454957/cek-fakta-ini-bukan-video-proses-pengangkatan-bangkai-sriwijaya-air-sj-182-simak-buktinya
https://www.youtube.com/watch?v=dGX_pYW4f7A
https://www.bbc.com/news/av/world-europe-48642717

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo