[SALAH] Link Pendaftaran Bantuan UMKM

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Setelah ditelusuri, tautan tersebut adalah hoaks. Pengajuan bantuan UMKM hanya dilakukan melalui luring (luar jaringan) atau offline. Permintaan data berupa rekening dan nomor ATM, dilakukan setelah peserta dinyatakan lolos seleksi berkas.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.vn/1hZM7

=====

[NARASI]:

BAGI YANG BELUM MENDAPATKAN DANA BANTUAN UMKM SILAKAN DAFTAR DI BAWAH INI 👇🏻👇🏻

https:// surveyheart. com/form/5fd8375efc82213b518ef1aa #form/0

=====

[PENJELASAN]:

Beredar di media sosial Facebook, sebuah postingan yang menyertakan tautan untuk pendaftaran bantuan UMKM oleh pemerintah. Tautan yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Fatan Fatan ini telah mendapat banyak respon dari masyarakat yang menyatakan akan mendaftar. Ketika masuk ke tautan tersebut, maka calon peserta akan diarahkan untuk mengisi beberapa data pribadi seperti, NIK KTP, nomor rekening, nomor atm, dan tanggal lahir.

Namun setelah ditelusuri, tautan pendaftaran bantuan UMKM yang disebarkan ini adalah hoaks. Setelah menelusuri syarat-syarat pendaftaran bantuan UMKM yang dilansir dari tribunnews.com, untuk mendapatkan bantuan dana UMKM, ada beberapa langkah yang harus dilewati.

1. Calon penerima harus mendaftarkan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kabupaten/kota di wilayah masing-masing. Mereka juga wajib menyiapkan sejumlah berkas, seperti, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap, KTP, Alamat tempat tinggal sesuai KTP, Bidang Usaha dan Nomor Telepon.

2. Setelah membawa sejumlah berkas dan melakukan proses pengajuan, maka calon penerima akan menunggu, apakah pengajuannya diterima atau ditolak.

3. Jika data diterima, calon penerima akan mendapatkan SMS dari bank penyalur BLT UMKM untuk mencairkan dana bantuan atau dapat mengecek di tautan eform.bri.id/bpum.

4. Setelah dinyatakan lolos sebagai penerima bantuan, peserta dapat mendatangi Bank BRI terdekat untuk pencairan dana. Disinilah peserta akan dimintai buku tabungan dan nomor ATM. Jadi bukan saat pendaftaran awal.

Dari keterangan tersebut dapat dilihat bahwa tautan dari akun Facebook Fatan Fatan ini adalah hoaks kategori fabricated content atau konten palsu atau penipuan. Sebagai saran, masyarakat diharapkan untuk berhati-hati dalam melakukan pengisian data yang meminta data pribadi.

=====

[REFERENSI]:

https://m.tribunnews.com/…/blt-umkm-berlanjut-2021…

https://www.kompas.com/…/blt-umkm-dilanjutkan-pada-2021…

Penulis : Gabriela Nauli Sinaga
Editor : Bentang Febrylian