[SALAH] Video “Okey Batman sudah tiba di Capitol Hill utk bubarin demo”

BUKAN saat aksi demo di Capitol Hill 7 januari 2021. Rekaman video itu saat demonstrasi Black Lives Matter di Philadelphia, setelah kematian George Floyd pada 31 Mei 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Wayan Pradnya Sada Mataram (fb.com/pradnyasadamataram) pada 7 Januari 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Okey Batman sudah tiba di Capitol Hill utk bubarin demo”

Sumber : https://archive.vn/QhIKo (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video Batman tiba di Capitol Hill untuk membubarkan demonstrasi adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan saat aksi demo di Capitol Hill 7 januari 2021. Rekaman video itu saat demonstrasi Black Lives Matter di Philadelphia, setelah kematian George Floyd pada 31 Mei 2020.

Hasil penelusuran menggunakan gambar potongan video yang diunggah oleh sumber klaim tersebut menunjukkan bahwa video itu asli dan bukan cuplikan dari film Christopher Nolan, ‘The Dark Knight Rises’.

Video yang identik dengan resolusi yang lebih baik, diunggah di kanal Youtube “Bucks County Batman” dengan judul “Saving My City As Batman At Philadelphia City Hall George Floyd Protest” pada 31 Mei 2020.

Video yang sama, juga diunggah di akun Instagram ๐๐ฎ๐œ๐ค๐ฌ ๐‚๐จ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฒ ๐๐š๐ญ๐ฆ๐š๐ง pada 31 Mei 2020 dengan narasi “Saving my city, be right back. . .”

Kedatangan seseorang yang memakai kostum Batman tersebut juga diberitakan oleh situs Akurat.co pada Minggu, 31 Mei 2020 dengan judul ” Protes George Floyd Makin Meluas, ‘Batman’ Tiba-tiba Muncul di Tengah Kerusuhan”

“Menjadi viral, rekaman video bahkan menunjukkan bagaimana sesosok pria dengan kostum Batman terlihat berjalan-jalan di tengah kerusuhan pengunjuk rasa di depan gedung yang diyakini warganet sebagai balai kota Philadelphia.” tulis Akurat.co

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4452843/cek-fakta-batman-bubarkan-demo-di-capitol-hill-simak-buktinya
https://www.youtube.com/watch?v=Ip8Wx4qrt0E (Arsip – https://archive.vn/QXMcG)
https://www.instagram.com/p/CA1NGNWgYDq/
https://akurat.co/news/id-1129372-read-protes-george-floyd-makin-meluas-batman-tibatiba-muncul-di-tengah-kerusuhan

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo