[SALAH] Artikel Liputan6 Berjudul “Menjadi Penyanyi Dangdut Adalah Cita Cita Cita Citata Yang Sudah Lama Cita Citata Cita Citakan”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Foto hasil suntingan. Faktanya, judul asli dari artikel yang tayang pada 12 Januari 2019 itu adalah “Cita Citata jadi Produser di Single Barunya”.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Satire

====

Sumber: Facebook
https://archive.md/0p7nU

====

Narasi:
“kesampe juga cita cita cita citata

sukai halaman nya🙏”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Suntuk-,- mengunggah foto tangkapan layar artikel Liputan6 berjudul “Menjadi Penyanyi Dangdut Adalah Cita Cita Cita Citata Yang Sudah Lama Cita Citata Cita Citakan” dengan disertai narasi. Unggahan tersebut mendapat respon sebanyak 37 reaksi dan telah dibagikan sebanyak 249 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tangkapan layar tersebut adalah foto yang dimanipulasi. Ditemukan artikel dengan foto dan waktu tayang yang sama pada 12 Januari 2019 pukul 15.40 WIB pada portal Liputan6 berjudul “Cita Citata jadi Produser di Single Barunya”. Di dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa Cita Citata mengeluarkan single terbaru yang ia produseri sendiri dan tidak ada bahasan tentang cita-cita dari penyanyi dangdut tersebut.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Suntuk-,- dapat dikategorikan sebagai Satire karena judul asli dari artikel yang tayang pada 12 Januari 2019 itu adalah “Cita Citata jadi Produser di Single Barunya” dan tidak membahas tentang cita-cita dari penyanyi dangdut tersebut.

====

Referensi:


https://www.liputan6.com/showbiz/read/3869242/cita-citata-jadi-produser-di-single-barunya

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4449641/cek-fakta-hoaks-judul-artikel-liputan6com-soal-cita-citata

Penulis : Renanda Dwina Putri

Editor : Bentang Febrylian