[SALAH] Video “Mereka lp akn kematian 6 orng.. Mrk melupakan semua itu.. Mrk asyik bersukaria”

Video 31 Januari 2020, sebelum peristiwa yang menewaskan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di sekitar pintu Tol Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (7/12/2020).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Om Teddy (fb.com/om.teddy.75) pada 5 Januari 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Tri Risma Harini, atau yang akrab disapa Risma sedang berjoget dengan sejumlah orang ke grup Indonesia ONE dengan narasai sebagai berikut:

“Mereka lp akn kematian 6 orng.. Mrk melupakan semua itu.. Mrk asyik bersukaria.. Dia lp Di setiap pelosok dr sabang sampai merauke, bnyk yg kelaparan.. Ampunilah pemimpin kami ya allah dan jgn lah kau hukum kami atas kesalahan kami yg tdk bisa memilih pemimpin yg amanah,,, aamiin”

Sumber : https://archive.vn/KGBJ0 (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim adanya video Tri Risma Harini, atau yang akrab disapa Risma yang sedang berjoget disebut lupa akan kematian enam orang yang sedang menjadi sorotan, terkait penembakan 6 Laskar FPI adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu adalah video 31 Januari 2020, sebelum peristiwa yang menewaskan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di sekitar pintu Tol Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (7/12/2020).

Video yang identik, diunggah oleh kanal Youtube Antara Jatim pada 3 Februari 2020 dengan judul “Mendagri Nyanyi Gemu Famire, Risma Joget Maumere, Mahfud Md Ikutan”.

“Saat rakor Pemprov Jatim dan kepala daerah se-Jatim pada Jumat (31/1/2020) di Grand City, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berjoget maumere dengan iringan nyanyian dari mendagri Tito Karnavian. Saat asyik berjoget, Menkopolhukam Mahfud MD melintas dan ikut berjoget meski sebentar” tulis kanal Antara Jatim di kolom keterangannya. Kala itu, Risma masih menjadi Wali Kota Surabaya.

Sementara itu, kasus kematian 6 orang yang sedang menjadi sorotan, terkait penembakan 6 Laskar FPI. Kasus itu terjadi pada Senin 7 Desember 2020 di sekitar KM 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Dari sini dapat dipastikan, video Risma berjoget Maumere sama sekali tidak ada kaitannya dengan kematian tersebut. Jika dihitung mundur, Risma berjoget lebih awal 10 bulan 7 hari atau 311 hari ketimbang peristiwa tersebut.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/DkqlM36b-video-risma-joget-ini-lagi-ramai-dihujat-simak-faktanya
https://www.youtube.com/watch?v=tlok0aKmjtk
https://jatim.antaranews.com/berita/348205/mendagri-nyanyi-gemu-famire-risma-berjoget-maumere
https://tirto.id/6-orang-yang-ditembak-mati-polisi-laskar-fpi-pengawal-rizieq-shihab-f7Q4

About Adi Syafitrah 1042 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo