[SALAH] Video “POLISI CABANG TIONGKOK, Polisi China Pinda Ke Indonesia”

BUKAN Polisi cabang Tiongkok atau Polisi Cina yang pindah ke Indonesia. Sosok polisi di video itu adalah Aipda Ucok Hans Simangunsong, anggota Bid Propam Polda Jambi yang memang terkenal karena sering menyanyikan lagu-lagu Mandarin yang ia unggah di saluran berbagi video.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Andi Fhadli Ahmad (fb.com/100060441273570) pada 2 januari 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang polisi yang menyanyikan lagu berbahasa Mandarin dengan narasi sebagai berikut:

“POLISI CABANG TIONGKOK
Polisi China Pinda Ke Indonesia Iya Kan Pak
Aparat Pengawal TKA China, kayanya nih iya kan pak
Atau jangan-jangan Pancasila dia gak hapal iya kan pak
AnnCooooRrrrrr”

Sumber : https://archive.vn/cwUby (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya Polisi cabang Tiongkok atau Polisi Cina yang pindah ke Indonesia yang menyanyikan lagu berbahasa Mandarin adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan Polisi cabang Tiongkok atau Polisi Cina yang pindah ke Indonesia. Sosok polisi di video itu adalah Aipda Ucok Hans Simangunsong, anggota Bid Propam Polda Jambi yang memang terkenal karena sering menyanyikan lagu-lagu Mandarin yang ia unggah di saluran berbagi video.

Nama Ucok Hans Simangunsong melejit lewat sebuah tembang berbahasa Mandarin berjudul ‘Jiayou Wuhan’ yang berarti ‘Ayo Semangat Wuhan’ ditengah kondisi wabah virus Corona pada Februari 2020.

Lagu itu sengaja ia persembahkan untuk menjadi penyemangat bagi warga Wuhan, termasuk juga ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang melalui proses karantina di Natuna setelah dievakuasi dari Wuhan.

Dilansir Tribunnews, selain mendapat apresiasi dari Pemerintah Tiongkok, lagu yang dinyanyikan Hans dan viral tersebut juga menyita perhatian Kapolri Jenderal Idham Aziz. Dalam pertemuannya, Hans bercerita, Kapolri memberinya kesempatan masuk sekolah perwira.

“Alhamdulillah dapat penghargaan untuk sekolah perwira pertama di Sukabumi, SIP (Sekolah Inspektur Polisi) tahun depan,” ujar Hans, Minggu, 8 Maret 2020.

Saat ini Hans telah naik pangkat jadi Aipda dan bertugas di Bid Propam Polda Jambi.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/regional/read/4174513/mengenal-hans-simangunsong-polisi-jambi-penyanyi-jiayou-wuhan
https://pontianak.tribunnews.com/2020/03/09/polisi-yang-viral-nyanyikan-jiayou-wuhan-ditawari-sekolah-perwira-saat-bertemu-kapolri
https://gempita.co/rilis-video-klip-terbaru-polisi-viral-polda-jambi-sampaikan-pesan-persatuan/
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6Aa5vK-cek-fakta-anggota-polri-bernyayi-bahasa-mandarin-disebut-polisi-cabang-tiongkok-ini-faktanya

About Adi Syafitrah 1214 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo