[SALAH] “Sultan Hassanal Bolkiah akan beli Singapura dan usir etnis China karena menolak Presiden Halimah”

Hoaks Lama Beredar Kembali. Departemen Perdana Menteri Brunei telah membantah informasi tersebut pada tahun 2017 dan menyatakan kutipan pernyataan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah akan membeli Singapura itu palsu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Palsu
============================================

Akun Sharul Yahya (fb.com/Sharulyahaya) pada 25 Desember 2020 mengunggah sebuah gambar yang berisi foto Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan narasi sebagai berikut:

“Berita islam terkini:

Penolakan warga etnis China di Singapura terhadap Presiden Halimah membuat berang raja muslim paling kaya di dunia, Sultan Hassanal Bolkiah.

“Saya tidak menyangka, sebagian rakyat Singapura punya pikiran yang sangat kerdil. Presiden Halimah itu mewakili etnis Melayu yang selama ini terpinggirkan di Singapura. Padahal Singapura awalnya adalah milik Melayu,” kata Sultan Bolkiah yang terkenal dermawan ini.

“Jika mereka tetap melakukan penolakan dan demo besar-besaran, maka saya berjanji akan membeli seluruh kekayaan Singapura dan mengusir etnis-etnis pendatang yang tidak tahu berterimakasih itu,” sesal Sultan…”

Sumber : https://archive.vn/p0Qxl (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Sultan Hassanal Bolkiah akan beli Singapura dan usir etnis China karena menolak Presiden Halimah adalah klaim yang keliru.

Faktanya, klaim itu merupakan Hoaks Lama Beredar Kembali. Departemen Perdana Menteri Brunei telah membantah informasi tersebut pada tahun 2017 dan menyatakan kutipan pernyataan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah akan membeli Singapura itu palsu.

Dilansir dari artikel berjudul “[HOAX] PANAS! Presiden Halimah Ditolak Warga Etnis China, Sultan Brunei Ancam Beli Singapura dan…” yang tayang di situs turnbackhoax.id pada 21 September 2017, Departemen Perdana Menteri menginformasikan kepada publik bahwa artikel di situs online mediaperjuangan[dot]com (Saat ini artikel di situs tersebut sudah dihapus) tentang Sultan Brunei Darussalam adalah tidak benar. Artikel tersebut memuat berita palsu terkait dengan Presiden Republik Singapura, Yang Mulia Halimah binti Yacob.

Berikut isi artikel yang tayang di situs pelitabrunei.gov.bn pada 21 September 2017 tersebut:

“Jabatan Perdana Menteri ingin memaklumkan orang ramai bahawa artikel yang dilaporkan di laman sesawang ‘online’ www.mediaperjuangan[dot]com mengenai Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam adalah tidak benar. Artikel tersebut telah mengandungi berita palsu yang berhubung kait dengan Presiden Republik Singapura, Puan Yang Terutama Halimah binti Yacob.

Laman sesawang tersebut juga mengandungi berita-berita palsu lainnya dan mempunyai unsur-unsur aktiviti penipuan yang bertujuan untuk menarik perhatian orang ramai melayari laman sesawang tersebut bagi meningkatkan ‘traffic hits’.

Sehubungan itu, orang ramai adalah dinasihatkan untuk tidak menyebarluaskan sebarang perkara yang tidak berasas, yang mana perbuatan menyebarkan maklumat tidak sahih, apatah lagi yang palsu dan direka adalah menjadi kesalahan dan boleh didakwa di bawah undang-undang yang berkuat kuasa.”

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2017/09/21/hoax-panas-presiden-halimah-ditolak-warga-etnis-china-sultan-brunei-ancam-beli-singapura-dan/
http://pelitabrunei.gov.bn/Lists/Berita/NewDisplayForm.aspx?ID=12511
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4448703/cek-fakta-tidak-benar-sultan-brunei-akan-beli-singapura-karena-presiden-halimah-yacob-ditolak-etnis-china

About Adi Syafitrah 1042 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo