[SALAH] Akun Facebook Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi yang salah. Faktanya, Puput Tantriana Sari tidak memiliki akun Facebook.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

=====

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

=====

SUMBER: Facebook

https://www.facebook.com/hjpuput.t.sari
(https://archive.vn/yjRa0)

=====

PENJELASAN:

Beredar akun Facebook Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, dengan nama pengguna “HjPuput Tatriana Sari”, mengirim pesan melalui direct message dan meminta kode Whatsapp. Akun tersebut menggunakan foto profil, Tantri yang sedang memberi hormat dengan mengenakan jas hitam dan bermasker, serta memilik pertemanan sebanyak 343.

Dari penelusuran diketahui akun tersebut palsu. Puput Tantriana Sari mengonfirmasi melalui akun Instagram dengan nama pengguna @tantrianasari dan Whatsaap pribadinya, ia menuliskan agar masyarakat tidak tertipu sebab akun palsu tersebut di luar tanggung jawabnya.

“Saya tidak punya akun Facebook, harap berhati-hati jika ada yang mengatasnamakan saya. Tidak usah dilayani. Jika mengganggu, jangan ragu untuk block ‘n repport,” tulis Puput Tantriana Sari pada akun Instagramnya Minggu, 3 Januari 2020.

Tantriana menambahkan, kepada masyarakat agar berhati-hati dan jika ada permintaan yang tidak wajar seperti password, kode verifikasi, atau data pribadi, jangan terburu-buru dilayani. Dari penelusuran di atas, akun Facebook “HjPuput Tantriana Sari” masuk kategori Konten Tiruan atau Imposter Content.

=====

REFERENSI:
https://www.wartabromo.com/2021/01/03/ada-akun-facebook-palsu-bernama-hjpuput-tantriana-sari/
https://bangsaonline.com/berita/85325/akun-facebook-palsu-mengatasnamakan-bupati-mulai-resahkan-warga-probolinggo

Penulis: Rahmah An Nisaa
Editor: Bntang Febrylian