[SALAH] Foto Masuknya Seekor Buaya ke Rumah Warga Saat Banjir di Tanjung Pinang

Bukan peristiwa di Tanjung Pinang, melainkan di Desa Mempaya, Membalong, Belitung. Foto tersebut merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 2017, saat seekor buaya masuk ke dalam Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur yang dilanda banjir.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT/ KONTEKS YANG SALAH

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

https://archive.fo/PCUoy
https://web.facebook.com/kumakburuk12/posts/2750240071902061

===

NARASI:

Banjir di tg pinang buaya,ular,lele masuk rumah,,ya Allah serem banget ya

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun Dewi Suhandi mengunggah foto yang memperlihatkan seekor buaya tengah masuk ke dalam sebuah ruangan. Unggahan tersebut dibarengi dengan keterangan bahwa seekor buaya telah masuk ke rumah warga akibat banjir yang melanda Tanjung Pinang. Sejak dibagikan pada 2 Januari 2021, unggahan milik Dewi Suhandi telah dibagikan ulang sebanyak 41 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Coba melakukan penelusuran lebih lanjut menggunakan mesin pencari gambar milik google, ditemukan gambar serupa pada laman tribunnews.com dengan judul pemberitaan “Ketika Seekor Buaya ‘Berjalan-jalan’ Di Kantor Dinas Pariwisata Belitung Timur” yang diunggah pada 17 Juli 2017. Diberitakan bahwa seekor buaya masuk ke dalam Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur, lantaran banjir yang melanda wilayah tersebut.

Dijelaskan lebih lanjut, hujan yang cukup lebat membuat kolam buaya yang berada di Objek Wisata Unik Ngenjungak (Owun) meluap. Hal itulah yang membuat buaya bisa menjangkau lubang kecil tempat memasukkannya makanan, hingga akhirnya ke luar dari kolam.

===

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/d-3561898/bikin-panik-buaya-masuk-ke-kantor-dan-permukiman-di-belitung
https://www.tribunnews.com/regional/2017/07/17/ketika-seekor-buaya-berjalan-jalan-di-kantor-dinas-pariwisata-belitung-timur