[SALAH] Minum Teh Dengan Batang Lada Dapat Sembuhkan Covid-19

Kim Gye-jin, direktur Asosiasi Pengobatan Korea, kelompok perwakilan untuk Dokter Pengobatan Korea di negara itu, mengatakan Tidak ada catatan signifikan yang menunjukkan bahwa batang lada digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan flu biasa, dan yang pasti, tidak ada alasan medis yang menunjukkan bahwa batang lada efektif dalam mencegah atau menyembuhkan Covid-19

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: https://archive.fo/997f6

======

[NARASI]:

(VERSI TERJEMAHAN)

“Obat terbaik untuk menyembuhkan Corona 19 ●
Sembuh dengan minum 2-3 hari
Simak penjelasannya sampai akhir.
Flu dan asma serta korona
Ini juga memiliki efek yang sangat baik.
Kata dokter oriental, lada merah bisa dikeringkan kapan saja.
Anda bisa mendapatkannya di musim dingin dan menggunakannya.
Anda juga bisa menghubungi dokter oriental secara langsung
Ini adalah pengobatan rumahan yang dapat 100% disembuhkan jika Anda menggunakan metode rahasia ini bahkan jika Anda hanya mencegah Corona 19 dan telah dikonfirmasi

● Cara merebus lada bogie

  1. 100 gram batang cabai merah kering, 3 jujube, 7 garam kasar (Cuci batang cabai merah baik-baik dengan air)
  2. Tuang 2 liter air mineral dan saat air mulai mendidih kecilkan api sedang dan rebus menjadi setengah air.
  3. Cara minum: Minum 1 gelas 3 kali sehari dengan paper cup untuk pencegahan dengan pemanasan, dan 3 gelas sehari dengan paper cup untuk pasien yang dikonfirmasi 2-3 hari.
  4. Lainnya
    Tidak ada efek samping. Anak-anak kecil masing-masing mengambil setengah cangkir.
    Ini didistribusikan secara gratis kepada mereka yang dikonfirmasi dan membutuhkan
    Penyanyi Sejong the Great Pastor Seungwon Lee 010-5007-7288
    Pengobatan Oriental Gangseongcheon 010-4320-8275
    Sekretaris Jenderal Berbagi dan Sukacita Na Yong-ju
    Pendeta 010-5234-0691
    Sebarkan secara luas ~

======

[PENJELASAN]:

Akun facebook bernama 김남혁 (Namhyuk Kim) mengunggah status berisi informasi terkait ramuan dari Korea Selatan yang diklaim meminum rebusan daun teh dengan batang lada dapat menyembuhkan covid19 dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari factcheck.afp.com, Asosiasi Pengobatan Korea mengatakan tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim tersebut. Sampai akhir tahun 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan belum ada obat yang terbukti secara medis menyembuhkan Covid-19. Untuk itu banyak negara kini mengampanyekan vaksin.

Direktur Asosiasi Pengobatan Korea, Kim Gye-jin, memberikan penjelasan terkait kebenaran ramuan teh tersebut. Pihaknya menyampaikan, sampai hari ini tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim mengkonsumsi teh campuran batang lada dapat menyembuhkan atau mencegah corona, seperti yang dikutip dari AFP.

“Tidak ada catatan signifikan yang menunjukkan bahwa batang lada digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan flu biasa, dan yang pasti, tidak ada alasan medis yang menunjukkan bahwa batang lada efektif dalam mencegah atau menyembuhkan corona,” katanya selama wawancara telepon pada 28 Desember 2020.

Hingga kini, Ilmuwan dunia masih terus merampungkan tahapan uji klinis vaksin yang diharapkan mampu menekan angka kasus infeksi dan menghapus pandemi.

======

REFERENSI:

https://factcheck.afp.com/korean-social-media-posts-share-false-claim-drinking-pepper-stem-tea-can-prevent-or-cure-covid-19

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/31/181627070/media-sosial-korea-bagikan-klaim-palsu-terkait-obat-covid-19-ini-yang

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-benarkah-minum-teh-batang-lada-dapat-menyembuhkan-corona-1utNiaY2Wbw/full