[SALAH] Akun Whatsapp Cawabup Tanjabbar Hairan Meminta Sejumlah Uang

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Akun Whatsapp tersebut palsu. Calon wakil bupati pemenang Pilkada Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) 2020, Hairan, telah mengonfirmasi kepada awak media bahwa akun Whatsapp yang mencatut nama dirinya untuk meminta sejumlah uang adalah PALSU.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Imposter Content

=====

SUMBER: Hasil Screenshot percakapan di Whatsapp

=====

NARASI:

Akun Palsu: Assalamualaikum wr wb

Korban: “Waalaikum Salam”

Akun Palsu: “Masih sibuk saudaraku”

Korban: “Ngape pak”

Akun Palsu: “Ada sedikit saya perlu bantuan dari saudaraku

Bisa saudaraku…”

Korban: “Bantuan ape tu Pak”

Akun Palsu: “Kebetulan ATM saya over limit saudara nanti malam baru selesai maksudnya saya bisa numpang tranferkan 5jta ke rekening yg dituju saudaraku

Nanti malam selesai limit saya tranfer kembali ke saudaraku dan saya lebihkan 1jta saudaraku…

Bisa saudaraku…”

=====

PENJELASAN:

Telah ditemukan percakapan di Whatsapp dengan akun yang mengatasnamakan Calon wakil bupati pemenang Pilkada Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) 2020, Hairan, dan meminta sejumlah uang.

Dalam percakapan yang terekam berdasarkan tangkapan layar, Hairan meminjam uang sebesar Rp 5 juta untuk ditransfer ke ATM miliknya dan mengiming-imingi akan mengembalikan dengan tambahan Rp 1 juta. Akun tersebut memakai foto profil cawabup Hairan sehingga seolah terlihat akun asli.

Dilansir dari metrojambi.com, Minggu (27/12), diketahui bahwa akun Whatsapp tersebut adalah akun palsu. Diketahui bahwa akun tersebut dibuat oleh orang tidak dikenal dan bertujuan untuk melakukan penipuan.

Hairan telah mengonfirmasi kepada sejumlah awak media bahwa akun Whatsapp yang mencatut nama dirinya dengan meminta sejumlah uang adalah akun palsu.

“Saya tidak pernah meminta uang kepada siapapun baik secara pribadi maupun jabatan. Itu jelas penipuan,” ungkap Hairan, Minggu (27/12/2020).

Lebih lanjut, ia meminta masyarakat agar tidak menanggapi jika ada pesan yang mengatasnamakan dirinya untuk meminta sejumlah uang. “Jangan ditanggapi, itu penipu,” tegasnya.

Berdasarkan data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa, akun Whatsapp cawabup Hairan untuk meminta sejumlah uang adalah HOAX dan termasuk kategori Imposter Content.

=====

REFERENSI:

https://www.metrojambi.com/read/2020/12/27/60204/nama-cawabup-tanjabbar-hairan-dicatut-pelaku-penipuan-untuk-minta-uang

Penulis : Ani Nur MR

Editor : Bentang Febrylian