[SALAH] Whatsapp Kasir Indomaret Salah Input Voucher Games

Pesan Whatsapp mengaku sebagai kasir Indomaret salah input voucher games merupakan modus penipuan untuk membajak akun Whatsapp. Modus serupa sempat beredar di bulan Mei 2020 dan sudah diklarifikasi oleh pihak Indomaret melalui akun media sosial resmi yang terverifikasi.

=====

Kategori: Konten Tiruan

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Selamat siang kak, Maaf ganggu, kami dari kasir indomart, minta tolong sebentar, tadi ada pelanggan kami beli voucher game, kami salah input nomor jadi sms nya terkirim ke nomor kakak. Sms dari whatsapp yang ada tulisan Thailand nya kak, karna ada kode 6 angka kak untuk kode voucher game fishinggo kk. Bisa dikirim sms nya kak…”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan Whatsapp mengaku sebagai kasir Indomaret yang melakukan kesalahan menginput nomor voucher games. Oknum tersebut meminta penerima pesan untuk mengirimkan nomor terdiri dari enam angka yang terkirimkan ke sms dengan bahasa Thailand.

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan Whatsapp tersebut merupakan modus penipuan untuk membajak akun Whatsapp. Pesan Whatsapp yang dikirimkan dibarengi dengan pesan sms yang berisikan kode angka. Dilansir dari katadata.co.id, spesialis keamanan teknologi Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan bahwa modus yang digunakan pelaku pembajakan akun WhatsApp yaitu menggunakan SMS yang akan mendorong korban mengirimkan kode verifikasi akun WhatsApp-nya.

Hal ini kerap diakali dengan menggunakan bahasa asing untuk menyamarkan diri pelaku dan bertujuan supaya korban tidak menyadari bahwa kode yang akan diberikannya adalah kode verifikasi untuk masuk ke akun WhatsApp-nya. “Jika korbannya berbaik hati dan bermaksud menolong penipu dengan memberikan enam digit angka tersebut, maka dalam sekejap akun WhatsApp miliknya akan berpindah tangan,” ujar Alfons

Adapun, modus serupa pernah beredar di bulan Mei 2020 dan sudah diklarifikasi oleh pihak Indomaret melalui akun Instagram resmi terverifikasinya (@indomaret). “Waspada Penipuan! Indomaret tidak meminta aktivasi kode voucher game online via WhatsApp & SMS,” tulis akun tersebut pada 29 Mei 2020.

Indomaret pun memberitahukan bahwa transaksi resmi hanya dilakukan melalui toko Indomaret dan klikindomaret[dot]com.

“Transaksi resmi hanya dilakukan melalui toko Indomaret dan KlikIndomaret[dot]com. Info resmi Indomaret hanya ada di www.indomaret[dot]co[dot]id dan social media official,” imbau Indomaret.

Berdasarkan penjelasan itu, maka konten Whatsapp yang mengaku sebagai kasir Indomaret bukan berasal dari pihak Indomaret. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk kategori Konten Tiruan. Sebab, oknum tersebut mengaku sebagai kasir Indomaret.

=====

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CAwfOfmJUgn/

https://katadata.co.id/happyfajrian/digital/5ed0bdb654b7c/waspada-begini-modus-pembajakan-whatsapp-lewat-vocer-gim-indomaret

https://cyberthreat.id/read/6917/Hati-hati-Pembajakan-Akun-WhatsApp-Berkedok-Voucher-Game-Indomaret