[SALAH] Soimah Adakan Giveaway Tahun Baru di Facebook

Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika).

Melalui akun resmi Instagramnya, Soimah Pancawati membantah bahwa dirinya menggelar kegiatan bagi-bagi hadiah (giveaway) berupa uang tunai di media manapun.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

= = = = =

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/ebUdz

https://archive.vn/qvPB4

= = = = =

NARASI:

“Live – Sudah mulai, saya akan mendonasikan lebih dari Rp 1000.000 untuk 500 orang pertama yang menebak dengan benar ‘NOMOR’ di foto” unggah akun Facebook soimah live, Senin (28/12/2020).

“Spesial Natal tahun ini bagi 1000 orang pertama yang menebak gambar di vidio siaran langsung saya akan menerima uang tunai 10jt” unggah akun Facebook Soimah live Natal, Senin (25/12/2020).

=====

PENJELASAN:

Sejumlah akun Facebook membagikan informasi bahwa Soimah memberikan hadiah (giveaway) akhir tahun uang tunai senilai Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Untuk mendapatkan hadiah tersebut pengguna media sosial hanya perlu menebak nomor pada gambar dengan benar.

Dari hasil penelusuran, melalui akun resmi Instagramnya @showimah, dirinya membantah menggelar kegiatan bagi-bagi hadiah (giveaway) berupa uang tunai. Dalam bantahannya tersebut, Soimah meminta pengguna media sosial untuk tidak mudah percaya jika ada akun palsu yang mengadakan giveaway dengan mencatut namanya.

“untuk teman2 yg budiman sekali jgn pernah percaya, seumur hidup sy gak pernah bikin2 gituan di media manapun, jd kalo ada akun atas nama sy bikin give away, itu jelas palsuuu” tulis Soimah dalam postingan Instagramnya pada Rabu (30/12/2020).

Dengan demikian, bahwa Soimah mengadakan giveaway di Facebook adalah tidak benar dan konten ini masuk ke dalam kategori imposter content/konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CJVMGCwrpwC

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4443760/cek-fakta-hoaks-soimah-bagi-bagi-rp-500-ribu-untuk-tahun-baru

Penulis: Rizky Maulana

Editor: Bentang Febrylian