[SALAH] “mulai tanggal 31-12-2020 pukul 06.00 sore sampai dengan tanggal 01-01-2021 akan dilakukan mati lampu total”

Informasi palsu / hoaks. Sejumlah pihak seperti Pemkab Bojonegoro, Pemkab Jepara, PLN UP 3 Kediri, PLN ULP Jombang, PT PLN UP3 Lembayung Lahat, membantah klaim pemadaman total pada malam tahun baru tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Palsu
============================================

Akun سلامت (fbcom/amek.betung) mengunggah sebuah gambar yang berisi klaim sebagai berikut pada Kamis, 31 Desember 2020;

“Di informasikan kepada seluruh masyarakat sekitarnya,demi kebaikan, keamanan, kesehatan, keselamatan kita bersama.Bahwa mulai tanggal 31-12-2020.pukul 06/00 sore/menjelang malam.Sampai dengan tanggal 01-01-2021.Akan di lakukan mati lampu total. Di karenakan Bupati tidak mempersetujui adanya hiburan atau kegiatan rame-rame yang tidak jelas, tahun baru ini, tidak seperti tahun baru yang sebelumnya. Di masa pandemi atau covid 19 ini ya. Harus mengikuti protokol yang sudah ada di berikan oleh pemerintah MOHON PENGERTIAN”

Sumber : https://archive.vn/QpoM9 (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa adanya pemadaman total listrik pada malam Tahun Baru 2021 adalah klaim yang keliru.

Faktanya, klaim tersebut adalah informasi palsu atau hoaks. Sejumlah pihak seperti Pemkab Bojonegoro, Pemkab Jepara, PLN UP 3 Kediri, PLN ULP Jombang, PT PLN UP3 Lembayung Lahat, membantah klaim pemadaman total pada malam tahun baru tersebut.

Dikutip dari situs resmi Kabupaten Bojonegoro, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Masirin, menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut di media sosial itu hoax atau tidak benar. Sementara itu, Humas PLN UP3 Bojonegoro, Hekso Wisoto, juga menyatakan bahwa kabar tersebut hoax atau tak benar.

Selain itu, dikutip dari Kompas, Plt. Kepala Diskominfo Jepara Sujarto mengatakan bahwa informasi itu hoaks atau tidak benar.

“Tidak ada kebijakan pemadaman total atau masalah kelistrikan pada malam tahun baru 2021. Diimbau kepada masyarakat selalu terapkan 4M (yaitu) memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan,” tulis akun Twitter Pemkab Jepara.

Humas PLN UP 3 Kediri, Aditthia Pratama Putra juga mengatakan informasi mengenai jadwal pemadaman listrik di seluruh Kabupaten Kediri tidak benar / hoax. “PLN sudah menyiapkan lebih dari 800 personel untuk memastikan pasokan listrik terutama di wilayah UP3 Kediri. Jadi Kabar itu Hoax.” Tukasnya seperti dilaporkan RRI.

Aditthia Pratama Putra menambahkan, PLN mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk di rumah saja saat pergantian tahun, demi memutus mata rantai penyebaran covid-19. Sehingga, PLN sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan agar saat pergantian tahun tidak sampai ada pemadaman.

Hal itu dikatakan Manager PLN ULP Jombang Nuraini. Menurutnya informasi tersebut dibuat pihak yang tidak bertanggung jawab. “Informasi itu hoax, tidak benar. Itu informasi yang dibuat pihak yang tidak bertanggung jawab.”kata Nuraini pada KabarJombang.com Kamis (31/12/2020).

PLN UP3 Lembayung juga membantah adanya informasi yang tersebar di media sosial bahwa akan ada pemadaman listrik pada malam pergantian tahun baru 2021. Kemudian menegaskan informasi itu adalah hoax. “Tidak benar pak,” ujar Tasili, Manager PT PLN UP3 Lembayung Lahat, Rabu (31/12/2020).

Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, melalui Kapolsek Kota Lahat, Iptu Irsan Rumsi SE juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi hoax, karena akan meresahkan masyarakat.

REFERENSI
http://www.bojonegorokab.go.id/berita/baca/5556/Beredar-Hoax-Pemadaman-Listrik-Malam-Tahun-Baru,-Warga-Diimbau-Tak-Percaya
https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/31/174015565/hoaks-pemadaman-listrik-pada-31-desember-2020-mulai-jam-6-sore-di-jepara
https://rri.co.id/surabaya/sosial/954069/hoax-pemadaman-listrik-di-wilayah-kabupaten-kediri-saat-malam-pergantian-tahun
https://kabarjombang.com/info-pemadaman-listrik-tangkal-perayaan-tahun-baru-di-jombang-hoax/
http://lahatpos.co/pln-akan-padamkan-listrik-di-malam-tahun-baru-adalah-hoax/

About Adi Syafitrah 1361 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo