[SALAH] Ledakan di Nashville Disebabkan oleh Serangan Misil

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, ledakan yang terjadi Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, pada 25 Desember 2020 waktu setempat disebabkan oleh bom yang dipasang di sebuah mobil RV.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/aMEsb

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)
“Ledakan yang terjadi di Nashville sebenarnya disebabkan oleh serangan misil, dan sasarannya adalah ‘fasilitas pengintaian’ milik AT&T / NSA”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook The D.C. Clothesline mengunggah sebuah informasi (28/12) yang menyatakan bahwa ledakan yang terjadi di Nashville disebabkan oleh serangan misil yang ditujukan untuk menyerang ‘fasilitas pengintaian’ milik perusahaan multinasional AT&T dan National Security Agency (NSA). Unggahan tersebut juga menyertakan sebuah tautan berita dari situs ‘DC Dirty Laundry’.

Berdasarkan hasil penelusuran, ledakan yang terjadi Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, pada 25 Desember 2020 waktu setempat disebabkan oleh bom yang dipasang di sebuah mobil RV. Melansir dari Reuters, sebelum ledakan terjadi, kantor polisi setempat menerima sebuah pesan suara yang memperingatkan bahwa bom akan meledak dalam 15 menit. Ledakan tersebut menelan satu orang korban jiwa yang juga merupakan pelaku bom bunuh diri, Anthony Quinn Warner, serta melukai 8 orang lainnya.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Reuters dengan judul artikel ‘Fact check: Nashville Blast Was Not Caused by A Missile Strike’ dan mengategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Facebook The D.C. Clothesline tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-nashville-missile/fact-check-nashville-blast-was-not-caused-by-a-missile-strike-idUSKBN2921OW
https://www.reuters.com/article/tennessee-blast/motor-home-explodes-in-nashville-possible-human-remains-found-near-site-idUSKBN290016
https://edition.cnn.com/2020/12/27/us/nashville-explosion-what-we-know/index.html
https://twitter.com/MNPDNashville/status/1342565893486899201