[SALAH] Video Penemuan Naga di Tibet

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Bukan naga sungguhan. Naga dalam video adalah patung yang digunakan untuk properti acara Televisi di Spanyol tahun 2016 lalu.

= = = = =

KATEGORI: FALSE CONTEXT / KONTEN YANG SALAH

= = = = =

SUMBER: TWITTER

https://archive.vn/miPzV

https://archive.vn/ZNucE

= = = = =

NARASI:

“Dragon found in Tibet”.

Terjemahan narasi:
“Penemuan naga di Tibet”.

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar video di media sosial yang menunjukan rekaman penemuan naga mati dengan klaim berada di Tibet. Beberapa versi lain menyebutkan penemuan ‘naga’ ini jatuh dari langit Filipina.

Diketahui video serupa sudah banyak beredar sebelumnya dari tahun 2016, namun sosok yang ditunjukan dalam video bukanlah naga, melainkan patung berbentuk naga yang dibuat untuk Cuarto Milenio, sebuah acara televisi asal Spanyol yang membahas tentang teori konspirasi, mitos dan cryptozoology.

Patung naga dibuat untuk adegan ala ‘dokumenter’ di acara tersebut. Meskipun Cuarto Milenio mengklaim bukti ilmiah yang menunjukkan keberadaan naga, video ini tidak mendokumentasikan keberadaan naga asli yang jatuh dari langit Tibet atau Filipina.

Proses pembuatan patung naga diunggah oleh kanal YouTube ‘juan villa herrero’ dalam video berjudul “Creando un Dragón para Cuarto Milenio” pada 21 Februari 2016. Dalam deskripsi videonya tertulis “Inilah cara kami membuat seekor Naga setinggi lebih dari 4 meter untuk program televisi Cuarto Milenio”. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Salah.
= = = = =

REFERENSI:
https://youtu.be/ddsFXhBW2l0
https://youtu.be/3bwR8IZO7KM
https://www.snopes.com/fact-check/dragon-fell-tibet/
https://factcheck.afp.com/video-shows-dragon-model-featured-spanish-television-show-not-real-dragon