[SALAH] “peristiwa bom bunuh diri di Nashville Amerika tak ada satupun media yang memberitakan”

Tautan BBC yang dicantumkan sumber klaim adalah fakta bahwa sejumlah media arus utama memberitakan aksi yang diduga bom bunuh diri tersebut. Hasil pencarian terhadap kata “bom bunuh diri Nashville” dan “Anthony Quinn Warner” di Google juga ditemukan sejumlah pemberitaan media dalam dan luar negeri terkait aksi tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Muaz Hd (fb.com/muaz.hd) mengunggah kolase foto dengan narasi sebagai berikut:

“Terjadi peristiwa bom bunuh diri di Nashville Amerika. Aksi terorisme ini terjadi tepat dihari natal kemarin.
Tapi sepi dari pemberitaan. Bahkan tak ada satupun media yang memberitakan. Mungkin karena pelakunya bukan Ahmad, Abdul atau Umar. Sebab pelakunya bernama Anthony Quinn Warner, pria kulit putih.
Bayangkan jika pelakunya seorang Muslim..
https://www.bbc.com/indonesia/dunia-55450933

Sumber : https://bit.ly/2WQqSWW (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa aksi yang diduga bom bunuh diri di Nashville, Amerika Serikat pada Jumat pagi (25/12/2020) sepi dari pemberitaan bahkan tak ada satupun media yang memberitakan adalah klaim yang keliru.

Faktanya, tautan BBC yang dicantumkan sumber klaim adalah fakta bahwa sejumlah media arus utama memberitakan aksi yang diduga bom bunuh diri tersebut. Hasil pencarian terhadap kata “bom bunuh diri Nashville” dan “Anthony Quinn Warner” di Google juga ditemukan sejumlah pemberitaan media dalam dan luar negeri terkait aksi tersebut.

Dilansir dari artikel berjudul “Ledakan di Nashville, AS diduga ‘bom bunuh diri’, Polisi tetapkan tersangka sebagai pelaku tunggal” yang tautannya dicantumkankan oleh sumber klaim tersebut, BBC melaporkan bahwa polisi yang menyelidiki ledakan mobil van yang melukai tiga orang di Nashville, AS, pada Hari Natal, telah menetapkan seorang tersangka, setelah mengumpulkan DNA dari lokasi.

Pejabat di negara bagian Tennessee mengatakan, DNA tersebut cocok dengan Anthony Quinn Warner, 63 tahun. FBI mengatakan tidak ada indikasi penambahan tersangka lainnya, dan terlalu dini untuk menyimpulkan motif dari tersangka.

British Broadcasting Corporation (BBC) sendiri adalah lembaga penyiaran umum Britania Raya. Berkantor pusat di Broadcasting House di Westminster, London, BBC adalah penyiar nasional tertua di dunia (dibentuk tahun 1927), dan penyiar dengan jumlah karyawan terbesar di dunia.

Selain itu, beberapa media arus utama dalam negeri seperti Kompas, Liputan6, CNN Indonesia, MetroTV News, Medcom dan beberapa media lain juga memberitakan aksi tersebut.

REFERENSI
https://www.bbc.com/indonesia/dunia-55450933
https://id.wikipedia.org/wiki/BBC
http://bit.ly/37TmgG4 (Pencarian kata “bom bunuh diri di Nashville”)
http://bit.ly/38JKCBm (Pencarian kata “Anthony Quinn Warner”)
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/aNrXvl6k-tak-ada-satupun-media-memberitakan-aksi-terorisme-di-hari-natal-amerika-ini-faktanya

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo